UMBY Gelar Penerjunan Virtual KKN PPM Angkatan 39

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menyelenggarakan Penerjunan KKN Angkatan 39 pada Jumat, 23 Juli 2021. Dilaksanakan secara online melalui channel Youtube resmi KKN-PPM UMBY, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dari KKN PPM Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY). Penerjunan KKN Angkatan 39 ini diisi oleh sambutan-sambutan yaitu dari Luky Kurniawan, S.Pd., M.Pd. selaku Koordinator KKN PPM UMBY, sambutan dari Awan Santosa, SE., M.Sc. selaku Kepala P3MK UMBY, dan sambutan sekaligus pelepasan KKN oleh Rektor Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yaitu Dr. Alimatus Sahrah, M.Si., MM.


Pada sambutan pertama oleh Luky Kurniawan, S.Pd., M.Pd. selaku Koordinator KKN PPM UMBY menyampaikan bahwa pada KKN PPM UMBY Angkatan 39 ini terdapat 1203 mahasiswa yang mengikuti KKN PPM yang terbagi dalam 119 kelompok.


“Jumlah peserta KKN PPM yang mengikuti kegiatan KKN pada semester ini sejumlah 1203 mahasiswa dan terbagi dalam 119 kelompok. Dengan rincian 63 KKN Regular Hybrid, 32 KKN Regular Full Online, 14 KKN Tematik Pasar, 7 KKN PPM Mandiri, dan 3 KKN Penugasan Khusus,” tutur Luky Kurniawan, S.Pd., M.Pd.


Luky Kurniawan juga menegaskan bahwa walaupun KKN kali ini diadakan dalam keadaan pandemi Covid 19 tetapi diharapkan para peserta KKN PPM UMBY bisa berperan aktif dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat.


“Akan tetapi ini adalah momentum bagi para peserta KKN untuk berperan aktif memberikan kontribusi yang nyata kepada masyarakat untuk menjadi duta pencegahan penyebaran Covid 19 melalui penerapan protokol kesehatan dan tentunya membantu menyelesaikan masalah-masalah multidemensial yang diakibatkan oleh pandemi Covid 19 melalui program-program yang nantinya akan laksanakan pada KKN PPM ini,” tambah Luky Kurniawan


Pada sambutan yang kedua oleh Awan Santosa, SE., M.Sc. selaku Kepala P3MK UMBY menyampaikan bahwa perlu diperhatikan 3 pilar yang harus dipegang oleh para peserta KKN yaitu sehat fisik, sehat mental dan sehat finansial. Sehat fisik yaitu pada program senantiasa mengedepankan dukungan terhadap upaya untuk menjaga kesehatan fisik masyarakat baik di desa, komunitas, juga di pasar lokasi KKN. Sehat mental yaitu bagaimana kita menjaga kesehatan mental dan spiritual masyarakat kita, sehingga ditengah pandemi ini tetap bisa terjaga sehat dan tidak ada hal yang memberatkan kegiatan sehari-hari selama KKN. Dan sehat finansial yaitu senantiasa mencari cara ditengah situasi pandemi, kita bisa melakukan langkah baru dan nyata untuk membantu mereka dari sisi ekonomi dan keuangan mereka.


“Oleh karena itu, 3 pilar yaitu sehat fisik, sehat mental, sehat finansial maka program KKN PPM UMBY bisa bermanfaat, berfaedah dan bisa berkontribusi nyata di tengah pandemi ini,” tutur Awan Santosa, SE., M.Sc.


Pada sambutan terakhir sekaligus pelepasan peserta KKN oleh Rektor Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yaitu Dr. Alimatus Sahrah, M.Si., MM menyampaikan bahwa dari diadakannya KKN ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian kita terhadap masyarakat serta menumbuhkan nilai-nilai kepribadian mahasiswa dari adanya KKN PPM ini.


“KKN ini untuk para mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan empatinya dan kepeduliannya kepada masyarakat terutama masyarakat kecil serta diharapkan nilai-nilai kepribadian dari para mahasiswa lebih terwujudkan diantaranya yaitu nasionalisme, keuletan, etos kerja, tanggung jawab, kemandirian, dan praktek-praktek entrepreneur serta sociopreneur bisa terwujud dengan fleksibilitas yang kita bangun di KKN PPM kali ini,” tutur Dr. Alimatus Sahrah, M.Si., MM.


Kegiatan Penerjunan KKN PPM UMBY Angkatan 39 ini ditutup dengan doa-doa oleh Bapak Nanang Khuzaini, S.Pd., M.Pd pada doa pertama dan Bapak Agustinus Hary Setyawan, S.Pd., M.A pada doa kedua.