UMBY Gelar Webinar dengan MGBK SMA/SMK/MA se-Provinsi Jateng dan DIY

Biro Pemasaran Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menyelenggarakan webinar sarasehan online guru Bimbingan dan Konseling SMA/SMK/MA se-provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan tema “Implikasi NLP (Neuro Linguistic Programming) Dalam Membangun Karakter Positif”.


Webinar ini diikuti oleh 520 peserta yakni Guru Bimbingan dan Konseling Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sekitarnya. Webinar ini diselenggarakan secara online, melalui aplikasi zoom dan live streaming youtube Humas UMBY. Selasa (23/02/2021)


Webinar dibuka oleh Rektor Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Dr. Alimatus Sahrah, M.Si., M.M yang dalam sambutannya menuturkan bahwa webinar ini akan mengenalkan suatu model pembelajaran Neuro Linguistic Programming (NLP) dari para narasumber.


“Saya mengucapakan terimakasih kepada narasumber bapak Ifdil, S.HI, S.Pd, M.Pd, Ph.D. Kons dan bapak Luky Kurniawan, S.Pd., M.Pd atas sharing ilmunya. Semoga webinar sarasehan online guru Bimbingan dan Konseling SMA/SMK/MA hasil kerjasama UMBY dengan MGBK Jawa Tengah dan DIY dengan tema Implikasi Neuro Linguistic Programming Dalam Membangun Karakter Positif dapat bermanfaat bagi diri, keluarga, anak didik, bangsa dan Negara. Aamiin,” Tutur Dr. Alimatus Sahrah, M.Si., M.M


Abdul Hadi S,Pd., M.Pd selaku Kepala Biro Pemasaran UMBY menyampaikan bahwa webinar ini bertujuan sebagai wadah musyawarah guru BK se-Jawa tengah dan DIY dan sebagai momentum diskusi ilmiah yang terlibat dalam MGBK Jateng dan DIY untuk belajar terkait Neuro Linguistic Programming (NLP).


“Tujuan lain yaitu supaya guru BK senantiasa semakin meningkatkan layanan bimbingan dan konseling yang ada  di Indonesia khususnya di sekolah,” tutur Abdul Hadi S,Pd., M.Pd


Webinar yang menghadirkan narasumber yaitu Ifdil, S.HI, S.Pd, M.Pd, Ph.D. Kons selaku Dosen di Universitas Negeri Padang dan Pakar Neuro Linguistic Programming (NLP) dan Luky Kurniawan, S.Pd., M.Pd selaku Dosen dan Kepala Program Studi Bimbingan dan Konseling UMBY. Keynote Speaker dalam webinar ini yakni Dra. Galuh Wijayanti, M.Pd selaku ketua MGBK SMA Provinsi Jawa Tengah dan di moderatori oleh Windaniati, M.Pd selaku ketua MGBK SMK Provinsi Jawa Tengah.


Narasumber Ifdil, S.HI, S.Pd, M.Pd, Ph.D. Kons selaku Dosen di Universitas Negeri Padang dan Pakar Neuro Linguistic Programming (NLP) memberikan pematerian tentang “Memperkuat Karakter Positif Dalam Penentuan Studi”.


“Pengertian dari Neuro Linguistic Programming (NLP) yakni, Neuro mengacu ke sistem saraf kita, corong penghubung lima indra kita. Kemudian Linguistic yakni kemampuan alami berkomunikasi secara verbal dan nonverbal, kemudian Programming yakni mengacu pada pola berpikir, perasaan dan tindakan kita. Aplikasi dari NLP yaitu Education, Bussiness, Helath, Medical, Communication dan Sports,” tutur Ifdil, S.HI, S.Pd, M.Pd, Ph.D. Kons


Narasumber Luky Kurniawan, S.Pd., M.Pd selaku Dosen dan Kepala Program Studi Bimbingan dan Konseling UMBY memaparkan materi tentang “Implikasi Neuro Linguistic Programming dalam Membangun Karakter Positif”.


“Konsep diri individu memainkan peranan penting dalam pemilihan studi,” tutur Luky Kurniawan, S.Pd., M.Pd


Abdul Hadi S,Pd, M.Pd menyampaikan bahwa setelah adanya webinar Neuro Linguistic Programming (NLP) ini diharapkan dapat diimplementasikan baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.


“karena NLP ini adalah salah satu implikasi teori dari teori konseling yang mana Neuro Linguistic Programming (NLP) itu sangat bermanfaat dalam kita memberikan layanan baik layanan pribadi, sosial, belajar dan karir terkhusus pada guru BK kepada siswanya,” Tutur Abdul Hadi S,Pd, M.Pd