Fakultas Psikologi UMBY adakan Kegiatan Sosialisasi PKM secara Daring

Dalam rangka meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan kreativitas di kalangan mahasiswa, Fakultas Psikologi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan kegiatan sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada Sabtu (13/02/2021) secara daring. Pada acara tersebut, dosen Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, UMBY, Dr. Agus Slamet, S.TP., M.P., hadir sebagai pemateri dengan diikuti oleh mahasiswa, dosen dan staf Fakultas Psikologi UMBY.


Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong motivasi mahasiswa untuk mengumpulkan proposal PKM yang menjadi ajang hibah kompetitif dari DIKTI untuk memperoleh pendanaan atas ide-ide kreativitas dan penelitian yang dianggap berkualitas dan dapat menyelesaikan permasalahan dalam masyarakat. Berdasarkan Pedoman PKM 2021, terdapat beberapa bidang PKM di tahun 2021 antara lain PKM Riset (PKM-R), PKM-Pengabdian Masyarakat (PKM-PM), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Penerapan IPTEK (PKMPI), dan PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK). Dr. Agus menyatakan bahwa kunci untuk berhasil memperoleh pendanaan dalam PKM adalah mencermati dan mengikuti Pedoman PKM 2021 yang terdiri dari 9 jenis buku untuk masing-masing PKM. Khusus untuk Program PKM-R pada masa pandemi dapat dilaksanakan melalui konsep “blended”, yaitu kombinasi tiga atau empat unsur penting, yaitu virtual, digital, dan daring serta laboratorium atau lapangan secara luring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.


Menurut Dekan Fakultas Psikologi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Reny Yuniasanti, M.Psi, Psikolog, dengan mengikuti program PKM, mahasiswa diharapkan dapat mengasah hard skills dan soft skills. Selain itu, Dekan menyampaikan bahwa PKM dapat menjadi bagian dari proses belajar dan wahana untuk melatih daya saing mahasiswa dengan menerapkan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh. Kerja tim dalam PKM juga dapat melatih keterampilan untuk berkolaborasi dengan mahasiswa lain sebagai salah satu bekal dalam mencapai keberhasilan dan kesuksesan di era digital.