KKN UMBY berkolaborasi dengan Forum Keluarga Penyandang Disabilitas Pinilih Gelar Pentas Seni

Kamis (18/02/2021) kelompok 10 kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) berkolaborasi dengan Forum Keluarga Penyandang Disabilitas Pinilih melakukan kegiatan pentas seni di Pinilih. Ada yang berbeda dari kegiatan pentas seni pada umumnya. Pentas seni yang diselenggarakan di Pinilih kali ini diselenggarakan secara inklusi. Panitia hingga peserta merupakan rekan-rekan penyandang disabilitas, tim KKN, relawan, caregiver, serta pengurus dari Pinilih. Forum penyandang disabilitas Pinilih merupakan komunitas yang terbentuk untuk mensupport rekan-rekan penyandang disabilitas, khususnya yang berada di kecamatan Sedayu, Bantul, D.I.Yogyakarta. Acara dimulai pada pukul 16.00 hingga 17.30 WIB secara daring maupun luring.


“Kegiatan ini merupakan kesempatan yang baik bagi teman-teman untuk unjuk kebolehannya. Sesuai dengan tema yang diangkat yaitu ‘Menuai Asa, Melangkah tanpa tapi’. Harapannya adalah teman-teman penyandang disabilitas mendapat kesempatan sekaligus kehormatan untuk menunjukan kelebohan yang dimiliki,” ujar Nanda Yunika Wulandari selaku DPL KKN kelompok 10.


Dalam pentas seni ini, para penyandang disabilitas mendapat wadah untuk unjuk kebolehannya dalam berkarya. Kegiatan ini merupakan kegiatan gabungan yang didukung penuh oleh kecamatan Sedayu. Sarjiman selaku camat Sedayu berkenan untuk mengikuti dan meramaikan kegiatan. Kegiatan dimulai dari penayangan video kisah inspiratif, menyanyi, penyampaian informasi tentang forum keluarga penyandang disabilitas Pinilih, kegiatan pembacaan puisi, stand up comedy, mendongeng, membaca kisah, penayangan video dan games.


“Kegiatan pentas seni ini merupakan kegiatan perdana dan semoga menjadi event tahunan sehingga teman-teman dari penyandang disabilitas dapat menunjukan kebolehannya sekaligus menguatkan hati serta memupuk kepercayaan diri dari teman-teman penyandang disabilitas itu sendiri,” ujar bu Tri selaku ketua Forum Penyandang disabilitas Pinilih.


Kegiatan ini dilakukan secara daring dan luring. Peserta dapat berpartisipasi melalui media online dengan zoom maupun youtube. Beberapa peserta lain berada di lokasi sekre Pinilih untuk melakukan kegiatan. Segala kegiatan dilakukan sesuai dengan protocol kesehatan.