UMBY Selenggarakan Virtual Innovation Summit #2

UMBY Selenggarakan Virtual Innovation Summit #2 


Beradaptasi dengan perkembangan jaman, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) memperbaharui visinya untuk menjadi Universitas yang Unggul dibidang Sociopreneur di Tingkat Nasional. Sebuah  komitmen Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) untuk menjadi lingkungan yang kondusif dalam melahirkan dan mengembangkan inovasi sociopreuner dari segenap civitas akademia.


Hal tersebut terangkai dalam agenda Webinar yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama (P3MK) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Bagian Inovasi dan HKI yang menggelar webinar virtual Innovation Summit #2 pada Selasa dan Rabu, 16 - 17 Februari 2021 


Webinar virtual Innovation Summit ini digelar dengan mengusung tema Advancing Innovation towards a Socioprenueur University”. Acara diselenggarakan secara online melalui aplikasi zoom dan live streaming youtube dan diikuti oleh 700 Peserta yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, alumni UMBY, dosen UMBY, dosen dari berbagai universitas, berbagai institusi/korporat, dan masyarakat umum.


Novia Sinta Rochwidowati, M.Psi., Psikolog selaku Ketua Panitia Innovation Summit #2 menyampaikan bahwa seluruh rangkaian agenda Innovation Summit #2 ini, secara umum para peserta akan mendapatkan wawasan yang luas mengenai sociopreneur dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) di tingkat regional dan nasional. “Pemanfaatan AI dalam inovasi sociopreuner tentu harapannya akan mendukung pengembangan masyarakat yang inovatif, kreatif, efisien dan mampu beradaptasi pada perkembangan jaman menuju industri 5.0. dimana pendayagunaan manusia, data serta teknologi memiliki peran utama,” tutur Novia Sinta Rochwidowati, M.Psi., Psikolog


Webinar pada hari pertama mengusung topik socioprenuer yakni  membahas tentang peran universitas dalam mendukung dan mendorong para dosen, tendik serta mahasiswa juga alumni untuk mewujudkan mengembangkan potensi lokal dengan menghadirkan narasumber Mr. Tristan ACE selaku Global Lead Partnership and Development British Council, Dr. Ari Margiono, Ph.D dari British Council, Prof. Roselina Ahmad Saufi selaku Professor of Bussiness Management University Malaysia Kelantan, Prof. Dr. Ir. Dwiyati P., MP. Selaku Innovator Kunir Putih UMBY, dan Awan Santosa, M.Sc. selaku Head of P3MK UMBY dan Founder Sepasar.id.


Webinar pada hari kedua membahas tentang Kemanfaatan Artificial Intelligence dalam mendukung bahkan sebagai bentuk produk inovasi berupa teknologi yang dimiliki oleh UMBY yang menghadirkan narasumber Tony D. Susanto, P.hD. selaku CEO dan Founder PT TATI Konsultan e-Government and Smart City, Anief Fauzan R., S.Kom., M.Eng., Selaku Dekan Faculty of Information Techology UMBY, Albert Y. C., S.Kom., M.Eng selaku Head of ICT UMBY dan Ariska Fraditasari dan team selaku SIMOTIF UMBY.


Selain adanya webinar sociopreneur, virtual Innovation Summit #2 ini juga meliputi beberapa kegiatan seperti Showcase/expo yaitu pameran Virtual produk baik berupa barang maupun jasa. Produk tersebut sebagian besar merupakan hilirisasi dari riset para dosen dan mahasiswa, juga peran serta dari para alumni, umkm serta mitra UMBY. Hal nyata lainnya yang diwujudkan dalam acara webinar ini adalah Launching inkubator bisnis, sebagai wadah dan bentuk komitmen universitas mewujudkan kampus entrepreneurship. Dimana dalam pelaksanaannya, universitas memfasilitasi calon tenant (dosen, tendik, mahasiswa, alumni, umkm, dan startup) dalam memberikan ruang penyemaian untuk menyuburkan benih-benih inovasi dan berproduksi.


Acara lainnya yaitu dari bagian kerjasama berupa Joint Research yang merupakan bentuk fasilitas yang diberikan universitas kepada para dosen dan mahasiswa terkait penelitian dan pengabdian dengan pihak mitra baik dari dalam maupun luar negeri. Dan yang terakhir adalah Apresiasi berbentuk penghargaan terhadap hasil riset dan pengabdi terbaik kepada para dosen yang telah mengerjakan tridharmanya berupa penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.