Komunitas Go Givers Fakultas Psikologi UMBY Selenggarakan Lokakarya Psychological First Aid

Sabtu (23/01/2021), Komunitas “Go Givers” Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menyelenggarakan kegiatan mini workshop Psychological First Aid (PFA). Go Givers merupakan komunitas sosial yang dibentuk oleh program studi Psikologi dengan Kondang Budiyani, MA, Psikolog sebagai ketua dan Nanda Yunika Wulandari, M.Psi Psikolog sebagai wakil ketua dan pembina. Komunitas Go Giver ini terdiri dari dosen dan mahasiswa Fakultas Psikologi yang tergerak untuk melakukan kebaikan dan mensosialisasikan semangat berbuat kebaikan kepada semua kalangan dengan slogan Pay it forward.


Kegiatan workshop Psychological First Aid (PFA) yang diselenggarakan secara daring diikuti 70 peserta yang terdiri atas mahasiswa dan dosen. Aditya Putra Kurniawan, M.Couns, selaku trainer memberikan pelatihan dasar mengenai PFA yang meliputi tahapan-tahapan PFA hingga simulasi pelaksanaan PFA. Aditya yang merupakan dosen Prodi Psikologi UMBY menyatakan bahwa Psychological First Aid merupakan suatu bentuk respon manusiawi kepada sesama yang mungkin membutuhkan dukungan fase awal pada masa krisis, musibah, atau bencana. Menurut Aditya, selain persiapan, prinsip utama dalam PFA adalah, lihat, dengar dan hubungkan.


Co-founder komunitas Go Givers, Nanda Yunika Wulandari M.Psi Psikolog  menyatakan bahwa orientasi pelayanan merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan agar seseorang dapat bertahan dalam era industri 4.0 yang terjadi saat ini. Untuk memupuk kemampuan tersebut, setiap manusia harus memiliki keinginan untuk menolong orang lain terlebih dahulu dan Go Givers memiliki visi tersebut dalam aktivitasnya.


Saat ini, Komunitas Go Givers telah memasuki tahun kedua dan telah melakukan berbagai kegiatan pelatihan psikologi dengan mengangkat tema-tema yang aktual. Program studi Psikologi UMBY mendukung kegiatan komunitas ini dengan melibatkan dosen maupun alumni prodi psikologi untuk berkolaborasi secara suka rela sebagai relawan atau pemateri.


Menurut dekan Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Reny Yuniasanti, M.Psi Psikolog, kegiatan komunitas Go Givers ini sejalan dengan visi misi Fakultas Pskologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) dalam mewujudkan lulusan dengan semangat sociopreneurship. Dengan slogan “Pay it Forward”, peserta pelatihan dan anggota komunitas “Go Givers” diharapkan dapat membayar ilmu dan keterampilan yang diperoleh dengan membagikannya kepada keluarga, teman hingga komunitas lainnya.