Kolaborasi UMBY dengan Warga Karanglo, Pengecoran Jalan Sekitar Kampus

Meski masih dalam suasana pandemi Covid-19, warga Padukuhan Karanglo Argomulyo Sedayu Bantul tetap semangat membangun maupun mempercantik wajah padukuhan setempat. Antara lain berusaha selalu menjaga kebersihan lingkungan serta memperkeras jalan-jalan yang ada di padukuhan setempat.


Menurut salah satu tokoh masyarakat di Karanglo, Tugiat, dengan diperkeras jalan-jalan kampung menjadikan saat musim penghujan tak ada jalan becek. Pengerasan jalan selain menggunakan aspal, ada pula model cor, yakni campuran semen, pecahan batu (kerakal) dan pasir. Kerja bakti pengerasan jalan, biasanya dilakukan malam hari, selepas Isya sampai tengah malam.


“Tapi ketika ada pandemi Covid-19, setelah konsultasi dengan beberapa pihak termasuk Babinsa Argomulyo, akhirnya kerja bakti dilakukan pagi sampai siang terutama pas hari libur,” jelasnya saat ditemui di sela-sela kerja bakti yang diprakarsai warga RT 02 Karanglo, Minggu (24/1).


Dengan kerja bakti pada pagi sampai siang hari dan mendapat paparan sinar matahari, lanjutnya, diharapkan bisa mendukung imunitas tubuh. Warga yang ikut kerja bakti mulai dari bapak-bapak sampai karang taruna pun merasa senang. Sedangkan ibu-ibu dan karang taruna wanita lebih banyak mengurusi konsumsi, mulai dari minuman, snack serta  makan siang.


“Dana untuk kerja bakti pengecoran jalan di utara kampus Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) sekarang ini, selain berasal dari swadaya warga, ada pula bantuan semen serta dana dari UMBY maupun Yayasan Wangsa Manggala,” tambahnya.


Sementara itu, Kliwon sebagai Ketua RT 02 Karanglo mengungkapkan, pengerasan jalan di utara kampus UMBY panjangnya sekitar 150 meter. Bagian tengah sebenarnya sudah diaspal, namun pihaknya ingin ngecor sebelah kanan dan kiri aspal, sehingga jalan lebih luas. Selain itu jalan juga bisa tampil lebih bersih, kanan-kiri aspal tak ditumbuhi rumput dan lebih kuat.


“Lebih dari separo warga RT 02 Karanglo bisa mengikuti kerja bakti yang memanfaatkan sumber dana hasil kolaborasi masyarakat, UMBY serta Yayasan Wangsa Manggala ini. Warga yang sedang ada barengan acara penting izin kepada pengurus RT, kami tak memberikan denda bagi warga yang terpaksa belum ikut kerja bakti saat ini,” terang Kliwon.