THP UMBY Gelar Pelatihan ISO dan HACCP

Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (THP) Fakultas Agroindustri Universitas mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) mengadakan pelatihan International Organization for Standardization (ISO) dan Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP). Pelatihan dilaksanakan selama dua hari secara daring melalui aplikasi zoom meeting, dengan menggandeng PT. SAFF Suprima Utama.


Pelatihan di buka oleh  Dekan Fakultas Agroindustri, Dr Agus Slamet, MP turut hadir segenap dosen program studi Teknologi Hasil Pertanian (THP) UMBY dan dikuti 31 peserta terdiri mahasiswa dan praktisi pangan.dengan narasumber Gilang Anugrah Putra, S.TP dari PT Saff Suprima Utama


Ketua panitia Daniel, mahasiswa Fakultas Agroindustri mengatakan bahwa Pelatihan ISO dan HACCP adalah kegiatan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan khusus (soft skill) khususnya mahasiswa teknologi pangan dan juga pelaku usaha pangan.


Lebih lanjut ketua panitia menambahkan bahwa mahasiswa teknologi pangan sangat perlu paham tentang  mengenai ISO 22000 : 2018 Food safety Management System, ISO/TS 22002-1 Prerequisite Programmes on Food Safety part-1 Food Manufacturing, FSSC 22000 versi 5-1 Additional Requirement dan Internal Audit based on ISO 19011 : 2018.


“Materi seperti ini sangat penting untuk mahasiswa khususnya tingkat akhir yang akan menghadapi dunia pascakampus sehingga lulusan yang benar-benar kompeten di bidang pangan,” ungkapnya.


Bapak Gilang Anugrah Putra selaku narasumber memaparkan bahwa ISO dan HACCP merupakan hal yang sangat penting dalam industri pangan baik skala rumah tangga, menengah maupun industri besar.


Sementara itu Dekan Fakultas Agroindustri Dr. Agus Slamet, M.P. mengapresiasi kegiatan seperti ini karena banyak manfaat untuk dunia pendidikan khususnya mahasiswa di bidang pertanian.


“Harapannya kedepan  ada kerjasama lanjutan antara Fakultas Agroindustri UMBY dengan PT. SAFF Suprima Utama, untuk memberikan wawasan kepada mahasiwa Agroindustri. Seperti diketahui bahwa saat ini  Fakultas Agroindustri UMBY terdiri atas 3 program studi yaitu  Agroteknologi, Peternakan dan Teknologi Hasil Pertanian yang semuanya terakreditasi A serta program Pascasarjana Magister Ilmu Pangan dengan peringkat akreditasi Baik,” tutur Dr. Agus Slamet, M.P.