UKM Taekwondo UMBY kembali Raih Medali Emas

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Kembali ukir prestasi dengan sukses mendapat medali emas di ajang kejuaraan The Best Indonesia International Changmookwan E Poomsae Championship 2020, yang diadakan secara virtual live streaming youtube pada tanggal 27 hingga 29 November 2020.


UKM Taekwondo UMBY hanya mengirimkan satu atlet untuk mengikuti kejuaraan tersebut yakni Permana Agung Nugroho dari Fakultas Psikologi UMBY angkatan 2018, dan meraih medali emas.  Permana Agung Nugroho menyampaikan bahwa kejuaraan  dengan streaming youtube yang mana sistem di kejuaraan itu atlet cukup  mengumpulkan video terbaik untuk diupload dan dikirim ke pihak penyelenggara.


Kejuaran ini sendiri diikuti oleh peserta yang berasal dari 22 negara termasuk Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara. Indonesia sebagai tuan rumah mengirimkan  185 club atau dojang, dengan kategori yang dipertandingkan kejuaraan tersebut hanya mempertandingan  seni keindahan (Poomsae) yakni individual dan Ganda campuran.


Ketua UKM Haris Febri Hartono, menyatakan bersyukur atas prestasi ini walaupun masa pandemi ini menyulitkan UKM untuk berlatih, dari akses masuk kampus yang kala itu terbatas, juga banyak anggota yang pulang ke daerah masing-masing tetapi tetap meraih prestasi.


“Sehingga saya punya inisiatif untuk menitipkan atlet tersebut untuk bergabung di dojang umum sehingga tetap bisa latihan rutin dan akhirnya raih prestasi,” tutur Haris


Pembina UKM Taekwondo UMBY, Ayub Tatya Admaja, M.Pd, dosen Ilmu Keolahragaan UMBY mengapresiasi atas raihan dari Permana Agung Nugroho. Walaupun  masa pandemi tetapi tetap berprestasi, seraya berharap UKM beladiri Taekwondo UMBY bias menjadi inspirasi  mahasiswa  UMBY dimasa yang datang untuk turut serta ikut dan berprestasi dikejuaraan nasional maupun internasional  


Senada Wakil Direktur kemahasiswaan, Nugraeni, S.E, M.Sc juga menyambut baik atas prestasi luar biasa ini sembari terus berharap UKM Beladiri Taekwondo UMBY terus meningkatkan prestasi dikancah nasional maupun internasional.


Permana Agung Nugroho mengungkapkan bahwa sebagai atlet yang mewakili kampus dan UKM tentunya merasa sangat bersyukur dan bangga bisa ikut dan berhasil mendapat juara pertama di kejuaraan internasional walau dengan sistem virtual.


“Harapan saya adalah dari prestasi yang saya raih bisa dipertahankan dimasa yang akan datang dan semoga fasilitas untuk UKM taekwondo UMBY dapat lebih dilengkapi dan di standarisasi kedepan bisa terus berprestasi di berbagai event kejuaraan besar seperti kejuaraan nasional maupun internasional bahkan mungkin bisa menjadi juara umum,” ungkap Permana Agung Nugroho.