MIP UMBY Gelar Kuliah Umum Ketahanan Pangan dan Gizi

Program studi Magister Ilmu Pangan, Fakultas Agroindustri, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) pada hari (30/12/2020) menyelenggarakan kuliah umum Ketahanan Pangan dan Gizi yang mengambil tema “Potensi Pangan Lokal dalam Menunjang Pangan dan Gizi”. Mata kuliah Ketahanan Pangan dan Gizi yang diampu oleh Dr. Ir. Sri Luwihana, SU. dilaksanakan secara rutin dan bertujuan untuk memperdalam mata kuliah yang telah diberikan pada saat perkuliahan sehingga ilmu yang didapat menjadi lebih luas dan lebih banyak serta bermanfaat bagi mahasiswa.


Pada kuliah umum ini menghadirkan Prof. Dr. Ir. Agnes Murdiyati, M.P selaku Dosen FTP UGM dan Pokja Ahli, Dewan Ketahanan Pangan DIY. Acara kuliah umum tersebut dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting.


Kuliah umum Ketahanan Pangan dan Gizi pada hari ini (30/12/2020) berisi tentang Potensi pangan  lokal untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi masyarakat Indonesia sehingga dapat menunjang ketahanan pangan dan gizi. Salah satu contohnya pangan lokal sumber karbohidrat sangat berpotensi sebagai pengganti atau pendamping nasi dan terigu guna untuk meningkatkan ketersediaan varietas unggul pangan lokal. Jenis-jenis sumber pangan lokal yang ada di Indonesia yaitu seperti sagu, talas, kentang, ubi jalar, pisang, jagung, dan ubi kayu. Sumber pangan lokal ini memiliki kandungan gizi yang baik sehingga dapat mendukung peningkatan variasi asupan gizi, mengandung senyawa bio-aktif yang mendukung kesehatan.


Prof. Dr. Ir. Agnes Murdiyati, M.P menuturkan bahwa “Semua pangan baik, bila dimakan sesuai dengan ukurannya serta diimbangi aktivitas olah raga secara rutin,” tutur Prof. Dr. Ir. Agnes Murdiyati, M.P


Kuliah umum Ketahanan Pangan dan Gizi ini ditujukan kepada mahasiswa Magister Ilmu Pangan (MIP) serta mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian (THP). Pada kegiatan kuliah umum hari ini (30/12/2020) selain dihadiri oleh mahasiswa, dihadiri juga oleh Dosen Fakultas Agroindustri yaitu Dr. F. Didiet Heru Swasono, M.P, Dr. Ir. Siti Tamaroh CM, M.P selaku Kaprodi Program Studi Magister Ilmu Pangan (MIP) dan Prof. Dr. Ir. Dwiyati Pujimulyani, M.P selaku Kaprodi Teknologi Hasil Pertanian (THP). Adanya perkuliah umum  ini diharapkan dapat memberikan ilmu yang lebih luas dan mendapat pengalaman yang luar biasa untuk memperdalam ilmu ketahanan pangan dan gizi.