Tim SIMOTIF FTI UMBY Juara 1 CODIG 3.0 Competition 2020 UMB JAKARTA

Tim Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mendapat juara 1 kategori business application dalam Codig 3.0 Competition 2020 yang digelar oleh Universitas Mercu Buana Jakarta (UMB Jakarta).


Codig adalah (Code up your digital technology) yang diharapkan menjadi ajang kreasi dan inovasi mahasiswa dalam mengembangkan gagasan, pengetahuan dan kemampuannya pada bidang teknologi digital.


Pada tahun ini code up your digital technology, disebut Codig 3.0, merupakan gelajaran yang ketiga kalinya, oleh UMB Jakarta. Dalam kompetisi ini, ada 5 kategori yang dilombakan. Untuk tahun ini Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengirimkan 1 tim di kategori business application.


Lomba ini dilaksanakan mulai tanggal 30 November sampai 19 Desember 2020. Tahapan dalam perlombaan ini yaitu tanggal 30 Desember 2020 adalah tahap penerimaan proposal dan materi lomba, dan tanggal 10 Desember 2020 adalah pengumuman pemenang yang masuk tahap final.


Dalam lomba kategori business application, Tim dari Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) masuk final bersama 10 team dari berbagai perguruan tinggi di indonesia


Setelah memasuki tahap final bersama 10 team dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, Kemudian tanggal 18 Desember 2020 dilanjutkan tahap final presentasi melalui zoom dan dan tanggal 19 Desember 2020 adalah pengumuman pemenang.


Dalam perlombaan Codig 3.0, Tim dari Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mendapat juara 1 kategori business application


Tim lomba Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) dinamakan Simotif karena memang membuat sebuah business application Jasa pembelian mobil second. Terdiri atas 3 mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yaitu Ariska Fraditasari, Erlangga Samudera Kencana, Nisriina Nuur Hasanah dan dibimbing oleh dosen Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yaitu Arita Witanti, S.T., M.T.


Lomba dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom dan streaming youtube, dan saat presentasi final lomba dilaksanakan presentasi terbatas.


Simotif mengikuti lomba ini awalnya tidak ada target menang, sekedar untuk ikut berpartisipasi, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), karena tidak ada perwakilan lain. Namun proses pembuatan semua bahan lomba dan aplikasi dilakukan dengan sungguh-sungguh dan butuh waktu ekstra disela-sela UTS. Ditengah kondisi pandemi dimana mahasiswa minim kegiatan offline. Tak disangka memberikan hasil juara


Simotif sendiri merupakan sebuah aplikasi bisnis  yang menggabungkan antara bisnis model canvas dengan aplikasi berbasis web. Merupakan produk aplikasi yang memberikan pelayanan berupa jasa pengecekan kondisi mobil bekas. Aplikasi berbasis web ini dibangun dengan sistem yang sudah terstruktur dan tampilan yang user friendly sehingga mudah untuk dioperasikan. Dengan adanya aplikasi pelayanan jasa ini, seseorang yang tidak mengetahui tentang kondisi body, fitur, mesin, maupun kelengkapan dokumen mobil menjadi lebih tenang.