PKM UMBY Edukasi Pemasaran Digital Bagi UMKM

Pelaku UMKM mengalami masa sulit akibat dampak pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung kurang lebih 9 bulan. Kondisi ini menyebabkan menurunnya kinerja usaha yang juga berdampak pada penurunan pendapatan bahkan tidak sedikit yang mengalami defisit dalam siklus keuangan usaha dan adanya pengurangan jumlah tenaga kerja. Situasi ini tentulah bukan hal yang mudah untuk dihadapai apabila pelaku UKMK tidak dapat beradaptasi dengan perubahan situasi ini maka besar kemungkinan UMKM tidak akan mampu bertahan di tengah gempuran pandemi Covid-19.


Mensikapi hal tersebut, tim PKM UMBY yang diketuai oleh Dr. Audita Nuvriasari, SE, MM dan beranggotakan Titik Desi Harsoyo, SE, M.Si dan Gumirlang Wicaksono, SE, MBA melakukan pendampingan bagi pengrajin di UMKM Desa Wisata Gamplong, Kecamatan Moyudan, Sleman. Kegiatan yang dilakukan minggu (29/11) dengan mengedukasi melalui penyuluhan dan pelatihan pemanfaatan pemasaran digital baik melalui instagram, facebook maupun aplikasi marketplace seperti shopee.


 Audita menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 15 penanggungjawab bagian pemasaran UMKM yang bertujuan agar mereka mampu mendesain konten promosi yang menarik dan efektif sehingga dapat memperluas jangkauan pemasaran secara online serta dapat meningkatkan minat beli calon konsumen.


“Dalam kegiatan ini para pengrajin dibimbing dan praktek secara langsung untuk mencoba memperbaiki konten promosi yang sudah ada sebelumnya sehingga lebih efektif” tutur Audita.


Giono selaku ketua paguyuban UMKM Desa Wisata Gamplong menyampaikan bahwa sebelumnya para pengrajin telah memiliki sejumlah media sosial untuk memasarkan produk kerajinan hanya saja dinilai belum efektif karena follower nya hanya sedikit sehingga belum mampu mendongkrak penjualan secara signifikan. Dengan adanya pendampingan yang dilakukan oleh tim PKM UMBY telah menambah wawasan para pengrajin dalam mengembangkan konten promosi serta mengetahui strategi pemasaran online yang dapat mendorong minat beli konsumen.


Dengan pemasaran online dapat menjadi salah satu solusi yang efektif untuk memasarkan produk UMKM di masa pandemi Covid-19. Tentu saja tidak hanya konten promosi yang menarik akan tetapi pengrajin yang bertugas sebagai admin juga harus cepat menanggapi respon dari calon konsumen sehingga konsumen merasakan pelayanan yang cepat dan memuaskan. Tips jitu dalam pemasaran digital juga telah menambah wawasan pengrajin untuk lebih memperbaiki tampilan promosi pada media pemasaran online.


“Pendampingan ini juga memotivasi dan menggugah kesadaran pengrajin yang semula belum menggunakan media online untuk pemasaran maka pada saat pelatihan sejumlah pengrajin tertarik untuk melakukan pemasaran melalui media sosial maupun aplikasi marketpace yang ada”, imbuh Titik Desi.