Dosen Peternakan UMBY Maksimalkan Potensi Peternakan Sebagai Usaha Bisnis

Program pengabdian kepada masyarakat (PPM) merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh dosen sebagai wujud pelaksanaan tri darma perguruan tinggi. Pengabdian kepada masyarakat dapat memberi kesempatan untuk belajar dan bekerja bersama-sama dengan masyarakat dalam memecahkan berbagai persoalan yang ada dimasyarakat. Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen merupakan program pemberdayaan sebagai sebuah proses pencarian (research) yang dilakukan bersama-sama untuk mencari solusi terbaik dalam penyelesaian persoalan yang mereka hadapi. Dosen melakukan tugas pendampingan terhadap apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam menghadapi problem sosial yang ada di tengah-tengah mereka.


Pada program PPM kali ini dosen program studi Peternakan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yang terdiri dari Ajat Sudrajat, S.Pt., M.Pt., Ir. Nur Rasminati, MP., Ir Setyo Utomo, MP., Dr. Ir. Sri Hartati Candra Dewi, M.Si., dan Ir. Niken Astuti, MP. akan memberikan sosialisasi mengenai bidang peternakan, baik itu peternakan ayam, domba dan kambing, program penggemukan ternak, manajemen reproduksi, pengenalan obat-obatan ternak tradisional, teknologi pakan, pengolahan limbah dan lain-lain serta mengajak masyarakat Desa Dampit untuk memaksimalkan potensi peternakan sebagai usaha/bisnis.


Ajat Sudrajat, S.Pt., M.Pt. menyatakan bahwa permasalahan yang sering dihadapi masyarakat dalam pengembangan peternakan rakyat adalah minim penerapan teknologi tepat guna yang mudah diaplikasikan oleh masyarakat. Oleh karena itu, Dosen Program Studi Peternakan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) akan melaksanakan PPM sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang ada di Desa Dampit Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang.


Harapan dari kegiatan PPM ini dapat memberikan gambaran kepada masyarakat bahwa potensi peternakan yang ada di Desa Dampit sangat besar dan sangat prospektif apabila dijadikan usaha pokok/bisnis dan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi warga setempat. Adanya lahan pertanian yang luas di Desa Dampit  menjadi modal utama dalam ketersediaan pakan sehingga dapat mendukung potensi pengembangan usaha peternakan.