Program Studi Ilmu Komunikasi UMBY Raih Akreditasi A

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), mendapat nilai akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) sebagaimana tertera dalam   keputusan BAN-PT No.7350/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2020 yang dikeluarkan pada17 November 2020. Proses akreditasi telah dilakukan beberapa waktu lalu secara online dan selasa (17/11) nilai dikeluarkan oleh BAN PT. 


Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi,  Didik Haryadi Santoso, S.I.Kom., M.A sangat bersyukur atas perolehan ini, dan hasil nilai A itu, bukan datang dengan tiba-tiba, melainkan membutuhkan proses yang panjang mulai dari task force di tingkat prodi, fakultas dan universitas. Dengan  aspek penilaian yang menjadi dasar pemberian akreditasi diantaranya, visi dan misi serta sasaran yang akan dicapai Prodi. Lalu, tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu. Kemudian, mahasiswa dan lulusan. Kualitas SDM, Kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, pembiayaan sarana dan prasarana serta sistem informasi. Juga penelitian, program pengabdian masyarakat dan kerjasama dengan institusi dalam negeri maupun luar negeri.


“Ini merupakan karunia Allah SWT sekaligus buah kerja keras dari civitas akademika yang ada di lingkungan UMBY, Fakultas dan program studi Ilmu Komunikasi. mulai dari dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa hingga alumni dan juga pengguna alumni,” tutur Didik Haryadi Santosa 


Selaras dengan Dekan, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, Rani Dwi Lestari, S.Sos., M.A turut bersyukur atas perolehan nilai yang unggul serta mengucapkan terimakasih atas doa dan dukungan dari berbagai pihak, dan berharap diraihnya akreditasi A tersebut dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap UMBY.


“Berbagai masukan dari asesor akan segera kami follow up agar prodi Ilmu Komunikasi semakin berkualitas,” tambah Rani


Rektor UMBY, Dr Alimatus Sahrah, M.Si, MM mengatakan dengan diraihnya akreditasi A ini, Prodi Ilmu Komunikasi UMBY menyusul prodi-prodi lain di lingkungan UMBY yang beberapa waktu lalu juga berhasil meraih peringkat A, yaitu Manajemen, Akuntasi, Agroteknologi, Peternakan dan Teknologi Hasil Pertanian, serta Psikologi S1, sehingga 7 prodi di UMBY terakreditasi A.


“Kedepan Ilmu Komunikasi diharapkan merupakan program studi favorit di UMBY,” pungkas Bu Rektor.