PKM UMBY, “Masa Pandemi Manfaatkan Waktu Luang untuk Meningkatkan Minat Baca”

Sebagai wujud dari pengabdian masyarakat di semester Gasal TA 2020/2021 maka Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) UMBY menyelenggarakan Pengabdian   Penguatan TBM Loka Pustaka 17 Rw 17  Kampung Karanganyar Brontokusuman Kec Mergangsan  Yogyakarta dengan Bekerjasama dengan TBM Loka Pustaka Kampung Karanganyar Brontokusuman Kecamatan Mergangsan Yogyakarta.


Pada masa pandemi Covid-19 ini bisa kita manfaatkan waktu luang untuk meningkatkan minat membaca. Untuk itu tim PKM UMBY yang diketuai Arita Witanti, ST, MT didampingi anggota pengabdi Dr Triana Noor Edwina Dewayani Soeharto, M.Si, Psikolog dan Indah  Susilawati, ST., M.Eng melakukan pengabdian kepada masyarakat berupa pengadaan koleksi buku di Taman Bacaan Masyakarakat Loka Pustaka 17  bertempat di Rw 17  Kampung Karanganyar Brontokusuman Kec Mergangsan Yogyakarta. Kamis (29/10/2020)


Fasilitas bantuan yang diserahkan dari Tim PKM untuk pojok baca berupa 97 buku untuk orangtua dan anak serta rak buku.Penyerahan secara simbolis oleh Arita Witanti, ST,MT selaku ketua PKM didampingi Tim kepada Taman Bacaan Masyakarakat Loka Pustaka 17 diwakili oleh ibu Kurniasih selaku penanggung jawab TBM Loka Pustaka didampingi ibu-ibu pengurus TBM yang lain.


Tim pengabdi berharap pengadaan koleksi buku di TBM ini dapat meningkat minat baca dan menambah pengetahuan orangtua dalam mendampingi anak saat pembelajaran jarak jauh di masa pandemi COVID 19 ini. Selain itu, pengabdi juga menginfokan tentang perpus digital alternatif untuk mendapatkan sumber bacaan terbaik di era pandemi. Pengabdi mengenalkan aplikasi ipusnas - perpustakaan digital. Dengan aplikasi ini maka orangtua dan anak  dapat meminjam buku secara digital.


Pihak Taman Bacaan Masyakarakat Loka Pustaka 17 diwakili oleh ibu Kurniasih selaku penanggung jawab TBM Loka Pustaka merasa senang dan sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan oleh tim PKM UMBY.


“Kami mengucapkan terimakasih atas bantuan yang telah diberikan tim PKM UMBY, buku-buku ini sangat bermanfaat untuk anak-anak dan kami para orang tua,” ungkap Ibu Kurniasih.


Manfaat yang diperoleh orangtua yaitu dapat menambah pengetahuan orangtua dalam mendampingi anak saat pembelajaran jarak jauh di masa pandemi COVID 19 ini. Selain itu, anak dapat memanfaatkan buku-buku pengetahuan yang ada di taman bacaan untuk melengkapi mengerjakan tugas sekolah.


Selain itu, pengabdi juga menginfokan tentang perpus digital alternatif untuk mendapatkan sumber bacaan terbaik di era pandemi. Pengabdi mengenalkan aplikasi ipusnas - perpustakaan digital. Dengan aplikasi ini maka orangtua dan anak dapat meminjam buku secara digital.  Berkaitan dengan ipusnas, masyarakat Loka Pustaka 17 sangat terbantu dengan perpustakaan digital ini karena dapat dengan mudah mendapatkan sumber bacaan terbaik dan tidak perlu keluar rumah sehingga aman di era pandemi ini.


Pihak Taman Bacaan Masyakarakat Loka Pustaka 17 juga berharap melalui taman bacaan ini dilakukan gerakan literasi membaca sehingga minat membaca dan kemampuan membaca masyarakat akan meningkat.