HIMATA UMBY Gelar Seminar Nasional NAC

Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi (Himata) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) selenggarakan puncak National Accounting Competition (NAC), Sabtu (14/11/20). Acara ini dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting, acara ini yang bertema “Diseminasi Dampak Pemindahan Bandara Adi Sudjipto Dan Mengetahui Kontinuitas Pengelolaan Aset Lahan Parkir Dalam Mendukung Roda Ekonomi Daerah Istimewa Yogyakarta”.


NAC merupakan salah satu kegiatan yang terdiri dari dua kegiatan yaitu Lomba Essay dan Webinar Nasional yang bertujuan meningkatkan kreatifitas berpikir mahasiswa terhadap pengelolaan aset daerah.


Kegiatan yang dilakukan sebagai pembuka NAC adalah lomba essay dengan topik “Optimalisasi Aset Lahan Parkir Bandara Adisucipto Pendukung Roda Ekonomi Daerah Istimewa Yogyakarta”. Lomba essay tersebut terselenggara pada Jumat (13/11/20) yang berhasil dimenangkan oleh Juara 1 Dyah Angesti Perwitasari dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Juara 2 Ratna Ismoyo Wati dari Politeknik Kesehatan Bhakti Setya Indonesia, dan Juara 3 Panca Evi Riyanto dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.


Kegiatan puncak acara NAC adalah Webinar Nasional yang dibawakan oleh Ibu Diana Airawaty, S.E., M.Acc selaku dosen UMBY sekaligus moderator dan diisi materi oleh Bapak Fajar Ariandy, S.IP, MT selaku Ketua Tim Pelaksana Tugas Keuangan dan Pengelolaan Barang Milik Negara BBMS Serayu Opak dan Ibu Natalia Riza Putri Ayodya, S.IP, MT selaku Koordinator Administrasi merangkap Analis BMN.


Pemateri yang dipilih oleh HIMATA dalam acara NAC ini memiliki curriculum vitae dengan prestasi lomba yang sangat patut diapresiasi. Antara lain prestasi yang diperoleh oleh Bapak Fajar Ariandy, S.IP, MT pada tahun tahun 2019 salah satunya Juara I The Asset Manager Batch 2019 Kategori SUPER (Kementerian/Lembaga/BLU) bersama Natalia Riza Putri Ayodiya, S.IP, MT. Sedangkan untuk prestasi yang pernah diraih oleh Ibu Natalia Riza Putri Ayodya, S.IP, MT salah satunya juga pada tahun 2019 Juara I The Asset Manager Batch 2019 Kategori SUPER (Kementerian/Lembaga/BLU) bersama Fajar Adriandy, S.IP, MT.


Pada acara puncak ini juga dihadiri oleh Rektor Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) atau yang mewakili, Dekan Fakultas Ekonomi, Kaprodi Akuntansi, Dosen Akuntansi UMBY, dan turut serta mengundang Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi seperti Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Badan  Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa Manajemen (HIMAJ) dan Demisioner Himata.  


Dalam Webinar Nasional ini, dapat diambil kesimpulan bahwa pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) dapat dilakukan dengan sewa, pinjam pakai, kerja sama pemanfaatan, bangun guna serah atau bangun serah guna, dan kerjasama penyediaan infrastruktur. Pengoptimalisasian aset lahan parkir Bandara Adi Sutjipto masih terus dilakukan pengkajiannya sampai menemukan solusi yang terbaik. Langkah-langkah yang sedang dilakukan saat ini sebagai bentuk upaya mengoptimalkan aset lahan parkir seperti, profiling, analisa keuangan, potensi, serta dampak-dampak yang akan terjadi dikemudian hari.


Semoga acara NAC dapat menumbuhkan semangat mahasiswa Akuntansi untuk selalu berfikir kreatif dan berkarya bagaimanapun kondisinya. Serta diharapkan peserta dapat memahami secara komprehensif bagaimana mengimplementasikan potensi lahan parkir yang kosong sebagai tempat untuk membantu meningkatkan perekonomian Yogyakarta, karena lahan parkir tersebut akan sangat bermanfaat jika dikelola dengan baik seperti dalam segi ekonomi, lingkungan, dan sumber daya manusia.