Dosen Psikologi UMBY, Juara Lomba Menulis untuk Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2020

Dosen Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Katrim Alifa Putrikita, M.Psi., Psikolog, menjadi juara III lomba menulis dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) tahun 2020 dengan tema “Kesehatan Mental untuk Semua Menuju Indonesia Berkesadaran”. Kegiatan tersebut diselenggarakan Ikatan Psikologi Klinis (IPK) Yogyakarta secara daring dari tanggal 20 hingga 27 Oktober 2020. Peserta kegiatan ini adalah mahasiswa Psikologi S1/S2, Sarjana Psikologi, dan juga Psikolog. Karya tulis yang dikirimkan merupakan artikel populer dan masing-masing peserta hanya diperbolehkan mengirimkan satu artikel.


Artikel Katrim yang berjudul “Meningkatkan Kesehatan Mental dengan Self-Compassion” menjadi salah satu artikel terpilih yang akan dibukukan oleh IPK Yogyakarta. Di dalam tulisannya, Katrim berfokus pada rasa cinta kasih yang seharusnya dimiliki oleh seseorang sebagai upaya untuk meningkatkan kesehatan mental.


Ditelaah dari definisi yang dikemukakan oleh para ahli, inti utama dari kesehatan mental adalah pemahaman diri secara menyeluruh. Berdasarkan hal tersebut, Katrim menyatakan bahwa salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memahami diri secara utuh adalah dengan meningkatkan rasa cinta kasih pada diri sendiri. Dalam artikel ini, Katrim juga memaparkan beberapa tips untuk meningkatkan self-compassion yaitu dengan memberikan apresiasi terhadap diri sendiri dengan “cintai diri sendiri sepenuhnya, salam sehat jiwa raga!”.


Dekan Fakultas Psikologi UMBY, Reni Yuniasanti, M.Psi, Psikolog menyatakan bahwa UMBY sangat mendukung partisipasi dosen dan semua civitas akademika untuk mengikuti kegiatan lomba seperti yang diikuti oleh Katrim ini sebagai bentuk diseminasi pengetahuan dan juga edukasi bagi masyarakat, khususnya dalam bidang ilmu psikologi.