PKM UMBY Kembangkan Web Aplikasi Berbasis IT

Sebagai wujud dari kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) UMBY, Tim Pengabdian Fakultas Psikologi berkolaborasi dengan Fakultas Teknologi Informasi (FTI) UMBY, yang terdiri dari Sowanya Ardi Prahara, S.Psi., MA., Reny Yuniasanti, M.Psi., Psikolog dan Albert Y. Chandra, S.Kom., M.Eng., mengadakan sosialisasi dan pelatihan dalam menggunakan Web Aplikasi Pendeteksi dan Manajemen Stress. Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama antara Tim Pengabdian UMBY dengan Bagian SDM UMBY yang nantinya akan menggunakan web aplikasi ini.


Web Aplikasi Pendeteksi dan Manajemen Stres ini disusun sebagai salah satu perwujudan visi misi Universitas yang mengarahkan untuk pengembangan artificial intellegent. Melalui web ini diharapkan dapat menginisiasi pendeteksian dan mengelola intervensi psikologis secara individual untuk stress kerja yang dialami oleh karyawan dan dosen dikalangan UMBY sebagai dampak pandemi Covid-19. Covid-19 membuat banyak perubahan pada kebijakan dan pola perilaku masyarakat. Work form home (WHF) merupakan salah satu kebijakan yang diterapkan sebagai respon akibat adanya pandemi Covid-19. Pelaksanaan WFH ini menuntut seluruh pekerjaan karyawan harus dilakukan dan diselesaikan di rumah. Kondisi ini banyak menimbulkan efek samping, salah satunya adalah stress.


Adapun fitur yang dimiliki oleh Web Aplikasi ini adalah untuk mendeteksi tingkat stress kerja. Dengan mengakses aplikasi ini karyawan dan dosen dapat mengetahui kondisi tingkat stres yang dialami, apakah masuk dalam kategori rendah, sedang atau tinggi. Selain itu, Aplikasi ini juga dapat digunakan individu untuk melakukan penanganan pertama terhadap kondisinya melalui manajemen stress, seperti mendengarkan musik, relaksasi otot hingga melakukan gerakan meditasi. Hal ini direkomendasikan sesuai dengan tingkat stress yang dialami.


Sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala Biro AUK & SDM UMBY dan diikuti oleh seluruh staff SDM UMBY. TIM Pengabdi mengajak untuk mengenali lebih jauh mengenai kondisi yang dialami saat ini, karena akan berpengaruh besar pada kualitas hidup, kepuasan kerja dan hasil kerja atau kinerja karyawan.


Harapannya, Web Aplikasi ini dapat disosialisasikan dan digunakan lebih luas lagi, sehingga lebih banyak karyawan dan dosen UMBY yang dapat mengakses dan memanfaatkan Web Aplikasi ini sebagai sarana untuk mengetahui dan memahami kondisinya serta strategi untuk tetap membuat diri sejahtera dan sehat secara mental.