Optimalisasi Wisata Jogja Youth Farming Sebagai Tempat Edukasi di Argomulyo Sedayu Bantul

Minggu (26/10/2020), Tim Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa  (PHP2D) dengan anggota dari prodi Agoteknologi, THP dan Peternakan serta Psikologi  melakukan salah satu agenda yang dijadwalkan berkait dengan kegiatan PHP2D yang di danani oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dengan tema “Terwujudnya Mahasiswa Berdaya Saing Melalui Kolaborasi Dalam Pengembangan Masyarakat Desa di Era Industri 4.0” . 


Kegiatan pengolahan sambal kering dan perbanyakan anggur disampaikan kepada masyarakat Argomulyo dan karang taruna “Taruna Yodha” Desa Argomulyo.  Dengan kegiatan tersebut diharapkan tujuan utama dari program ini untuk mewujudkan kemandirian pangan dan memberikan peluang untuk berwirausaha bisa terwujud. Hadir sebagai narasumber adalah Prof. Dr. Ir. Dwiyati Pudjimulyani, M.P. yang merupakan dosen Fakultas Agroindustri UMBY, sekaligus Direktur dan pemilik PT. Windra Mekar yang bergerak di bidang herbal dengan produk andalannya berupa kunir putih.


Kelompok PHP2D yang diketuai oleh Azmi Muhammad  Sulhan dengan pembimbing Dra. Umul Aiman, M.Si dosen Agroteknologi Fakultas Agroindustri UMBY, merupakan tim ke-2 dari BEM Agroindustri yang pada tahun anggaran 2020 ini berhasil didanai. 


Tujuan yang diambil dari program ini adalah adalah memberikan kontribusi untuk menjaga eksistensi pariwisata melalui pembangunan serta  pengembangan pembibitan anggur, aquaponik dan pelatihan pembuatan sambal dalam kemasan di Desa Argomulyo.


“Tujuan program ini yaitu untuk membantu mengembangkan dan membangun potensi Agrowisata Jogja Youth Farming melalui konsep agribisnis terintegrasi yang melibatkan teknologi hasil pertanian, peternakan dan agroteknologi,” tutur Dra. Umul Aiman, M.Si .


Program ini juga mempunyai tujuan untuk mendampingi warga Argomulyo dalam mengimplementasikan pemanfaatan lahan bekas tadah hujan untuk aquaponik dan perbanyakan bibit buah anggur serta pelatihan pembuatan sambal dalam kemasan agar terwujud kemandirian pangan rumah tangga dan pola pikir berwirausaha di masyarakat.


Masyarakat terutama para kaum ibu-ibu sangat antusias sekali mengikuti kegiatan pelatihan kali ini. Bapak Tugiyanto selaku ketua Karang Taruna menyampaikan apresiasi yang besar dengan diagendakannya kegiatan pelatihan ini. “Mudah-mudahan dengan diadakannya pelatihan ini dapat menumbuhkan pola pikir berwirausah di masyarakat desa Argomulyo,” Pungkasnya.