UMBY Terima SK Lisensi LSP dari BNSP

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menerima Surat Keputusan (SK) Lisensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). SK Lisensi LSP P1 diserahkan langsung oleh Ketua BNSP M Kunjung Masehat pada kegiatan Tasyakuran Dies Natalis UMBY ke 34 di Gedung Rektorat UMBY lantai 1, Kamis (1/10/2020). 


Dalam sambutannya Ketua BNSP M Kunjung Masehat mengatakan setelah memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi maka lulusan UMBY memiliki sertifikat profesi sesuai program pendidikan (prodi). Selain ijazah setelah lulus untuk berkompetisi di dunia kerja. Terdapat 14 skema sertifikat profesi di UMBY sesuai jumlah prodi.  


"Dengan sertifikat profesi lulusan UMBY memiliki nilai kompetitif," jelas M Kunjung Masehat. 


Ketua BNSP Kunjung Masehat, menuturkan hingga saat ini sudah ada lebih dari 1.800 lebih LSP yang ada. Ditambahkannya, proses pemberian SK lisensi kepada UMBY ini melalui proses yang cukup panjang. Dari mulai melihat panduan mutu, mekanisme pembuatan sertifikasi sendiri hingga proses lembaga independen ini melakukan sertifikasi di UMBY. 


Rektor UMBY, Dr Alimatus Sahrah, MSi, MM usai Tasyukuran Dies Natalies UMBY ke-34 menuturkan sertifikasi kompetensi kerja ini sebagai suatu pengakuan terhadap tenaga kerja bahwa mereka memang sudah sesuai dengan standar kompetensi yang ada. Mulai dari mempunyai pengetahuan, ketrampilan, hingga sikap kerja yang telah dipersyaratkan.


“Selain ijazah S1 mereka juga memiliki sertifikasi ketrampilan tertentu. Dengan sertifikasi maka LSP P1 kurikulum yang ada di setiap program studi lebih terintegrasi dengan dunia kerja atau lebih sesuai dengan kebutuhan industri,” jelasnya.