UMBY Gelar Tasyakuran Dies Natalis ke – 34

Tepat 1 Oktober 2020, UMBY kembali mengadakan tasyakuran memperingati berdirinya universitas ini yang genap berusia 34 tahun.  Dalam rangka memperingati dies natalis ke-34, digelar acara tasyakuran sederhana bertempat di lantai 1 Gedung Rektorat Kampus 1 UMBY Jalan Wates Km.10 Yogyakarta.


Tasyakuran digelar dengan sangat sederhana karena masih dalam masa pandemic Covid-19 dan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Dihadiri undangan terbatas, yaitu pimpinan, yayasan, Tim BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) dan LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi), Muspika kecamatan Sedayu. Sedangkan dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa maupun masyarakat dapat menyaksikan acara ini melalui live streaming youtube.


Dalam sambutannya Rektor UMBY, Dr Alimatus Sahrah, M.Si, MM menyampaikan rasa syukur, juga terimakasihnya kepada segenap civitas akademika UMBY beserta masyarakat yang telah mendukung UMBY selama ini.  


Ditengah pandemi covid 19, UMBY masih mendapat kepercayaan masyarakat luas yang luar biasa, hal ini terlihat Jumlah mahasiswa baru TA 2020/2021 sebanyak 2.881 mahasiswa yang berasal dari seluruh daerah/propinsi di Indonesia. Jumlah mahasiswa baru asing sebanyak 2 mahasiswa, yaitu 1 mahasiswa dari Timor Leste, 1 orang dari Turkmenistan.


Sedangkan untuk jumlah mahasiswa aktif (student body) pada Semester Gasal T.A. 2020/2021 sebanyak 10.328 mahasiswa dengan jumlah mahasiswa asing sebanyak 31. Keberadaan mahasiswa asing di UMBY ini menjadi salah satu parameter bagi UMBY untuk bisa menjadi perguruan tinggi yang unggul dan bertaraf internasional sesuai dengan persyaratan BAN.


Selain perolehan mahasiswa baru yang cukup menggembirakan, di tahun 2020 ini perkembangan akreditasi Program Studi di UMBY juga membanggakan dengan naiknya peringkat akreditasi Program Studi Peternakan, Agroteknologi dan teknologi Hasil Pertanian  ke peringkat A, dan program studi Magister Ilmu Pangan ke peringkat baik. Saat ini sebanyak 37,5% program studi di UMBY terakreditasi A dan Program Studi Terakreditasi B sebesar 56,25%. Target jumlah program studi UMBY  terakreditasi A saat ini telah memenuhi skor syarat Unggul menurut BAN, sehingga UMBY berupaya untuk mengajukan Akreditasi Perguruan Tinggi di tahun 2021 dengan target memperoleh peringkat akreditasi yang Unggul.


Berdasarkan pemeringkatan dari kemendikbud tahun 2020, UMBY berada di peringkat 192 dari  2.136 Perguruan  Tinggi  di  Indonesia.  Menurut  4ICU  peringkat  UMBY tahun 2020  pada rangking 79 di Tingkat Nasional sedangkan di Tingkat LLDIKTI Wilayah 5 DIY memperoleh rangking 18. Posisi UMBY ditingkat Dunia menurut webometrik berada di peringkat 106 di Tingkat Nasional dan 6118 di Tingkat Internasional. Pada tahun 2029 UMBY menargetkan menempati peringkat 50 besar Perguruan tinggi terbaik di Indonesia, dan masuk Top 1000 World Class University.


Pada Dies Natalis ke 34 juga diserahkan Surat Keputusan (SK) Lisensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1. Dengan diserahkannya SK Lisensi LSP P1 UMBY oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) yang diserahkan oleh Bapak M.Kunjung Masehat, S.H., M.M. selaku Ketua BNSP, maka UMBY resmi memiliki kewenangan untuk melakukan sertifikasi kompetensi dan menerbitkan sertifikat kompetensi bagi para mahasiswanya.


Turut memberikan sambutan camat Sedayu, Sarjiman, S.IP., ME yang memberikan apresiasi atas prestasi UMBY dan selalu bersinergi dengan instansi-instansi sekitar kampus. Terimakasih atas dukungan UMBY selama ini yang telah menerjunkan dosen maupun mahasiswa baik melalui pengabdian, penelitian maupun KKN ikut membangun dan memberdayakan masyarakat luas khusushnya di wilayah Sedayu. UMBY selalu mendukung penuh program-program kec. Sedayu yang ber slogan yaitu Sedayu DSP (Dinamics Smart N Powerful) yang selalu dipopulerkan camat Sedayu, Sarjiman.


Tasyakuran kali ini UMBY juga diberikan penghargaan kepada dosen dan tenaga kependidikan yang telah mengabdi 25 dan 30 tahun di UMBY, dengan mengambil tema “Konsistensi berprestasi dalam masa pandemi untuk mewujudkan keunggulan UMBY di bidang sociopreneur yang berwawasan internasional”, dengan agenda kegiatan lebih dari 25 kegiatan.  Prosesi tasyakuran Dies ke-34 ini ditandai dengan pemotongan tumpeng dari  Rektor, selanjutnya diserahkan kepada Camat Sedayu Warjiman, S.IP, ME sebagai simbolis perwakilan masyarakat.