Stok Darah Turun selama Pandemi, KSR PMI UMBY Gelar Webinar Donor Darah

Korps Sukarelawan (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Unit 8 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan webinar bertajuk “Blood For Love, Love For Humanity di Masa Pandemi Covid-19” dengan pemateri dr. Naila Amalia, Manager Kualitas UTD PMI Kota Yogyakarta. Minggu, (27/09/2020)


Webinar dilaksanakan secara online melalui platform Google Meet dari pukul  09.00-11.30 WIB, dengan jumlah Peserta 140 orang yang terdiri dari Anggota KSR dan Masyarakat umum. Acara di buka oleh Pembina KRS PMI UMBY, Imam Suharjo, ST, M.Eng yang juga dosen Fakultas Teknologi Informasi UMBY. Imam Suharjo, ST, M.Eng dalam sambutannya menyampaikan bahwa biasanya dalam kondisi normal KSR PMI unit 8 UMBY rutin mengadakan donor darah, namun dalam masa pandemi Covid-19 ini tidak dimungkinkan untuk mengadakan maka di ganti dengan webinar ini.


“Webinar ini merupakan upaya sosialiasasi pentingnya Donor darah apalagi di masa pademi stok darah menurun dratis,” tutur Imam


Acara ini bertujuan sebagaimana di sampaikan Ketua panitia Suharyani, mahasiswa Fakultas Psikologi UMBY,  untuk memberikan edukasi kepada anggota KSR maupun masyarakat umum tentang pentingnya donor darah serta untuk menyamakan persepsi terkait prosedur donor darah di tengah pandemik.


“Oleh karena itu di harapkan melalui webinar ini anggota KSR dan masyarakat umum lebih paham lagi mengenai donor darah terkhusus di masa pandemi saat ini” ucapnya.


dr.Naila Amalia dalam selaku pembicara menjelaskan secara detail  mulai dari apa itu donor darah, kebutuhan darah, pembagian golongan darah serta manfaat dan syarat donor darah. Juga dijelaskan bagaimana prosedur donor darah di masa pandemi mulai dari petugas sampai dengan pendonor.


“Donor darah di masa pandemi itu tetap aman karena sampai sekarang belum ada riset yang membuktikan bahwa adanya penyebaran covid-19 melalui jalur transfusi darah” pungkas dr. Naila


Kemudian setelah penyampaian materi oleh dr. Naila Amalia dilanjutkan oleh sesi tanya-jawab dengan peserta webinar seputar donor darah, apa saja larangan bagi pendonor, tips makan sehat sebelum donor darah, pengaruh setelah donor darah, waktu penyimpanan stok darah dan sebagainya.


Di akhir webinar  Imam Suharjo  berharap seminar online  yang diadakan dapat membantu menyebarluaskan informasi kekurangan stok darah. Sehingga mayarakat mau mendonorkan darahnya meskipun di Masa Pandemi.


“Semoga semakin banyak masyarakat yang mau mendonorkan darahnya. Semua aman, asalkan dalam pelaksanaannya mematuhi protokol kesehatan,” harapnya.


Secara keseluruhan acara ini berlangsung dengan baik dan lancer terlihat dari kesiapan panitia dan juga antusias peserta webinar seperti aktif bertanya dan mengikuti seluruh rangkaian webinar sampai selesai, yang  di tutup dengan sesi foto bersama pemateri dan peserta.