Sharing Session Bersama Alumni THP UMBY

Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian (HIMATEPA) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan kegiatan Sharing Session bersama alumni program studi Teknologi Hasil Pertanian (THP) dengan tema Tips dan Trik Meraih Beasiswa Luar Negeri (Goverment Scholarship), melalui platform Google Meet dan juga disiarkan live YouTube THP UMBY, Minggu (06/09/2020)


Kegiatan ini merupakan acara sharing atau berbagi pengalaman dari alumni program studi THP, dan diikuti oleh kurang lebih 30 peserta yang berasal dari mahasiswa umum dan sebagian besar diikuti oleh mahasiswa THP UMBY. Acara dipandu oleh Ignatia Rose Delina sebagai moderator.


Materi sharing session ini disampaikan oleh Ali Ma’ruf, S.TP., M.Eng yang merupakan salah satu alumni program studi THP UMBY, peraih beasiswa S2 Chinese Goverment Scholarship, serta peraih beasiswa S3 Che,ical Enginering, Politechnica Slasca Poland.


Dalam acara sharing session ini, Ali Ma’ruf, S.TP., M.Eng memaparkan tentang Tips dan Trik Meraih Beasiswa Luar Negeri Goverment Scholarship. Narasumber memberikan materi yang sangat menarik dan menginpirasi peserta sharing session. Diskusi interaktif antara pemateri dengan peserta sharing session melalui sesi tanya jawab membuat acara semakin menarik.


Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui peserta mengenai tips dan trik melanjutkan studi di luar negeri dengan mendapatkan beasiswa, baik beasiswa penuh maupun parsial (bantuan biaya untuk menutupi biaya studi, belum mencaup biaya akomodasi dan uang saku). Pemateri memberikan tips dan trik untuk mendapatkan beasiswa luar negeri.


“untuk mendapatkan beasiswa luar negeri maka harus memiliki skor TOEFL maupun IELTS yang baik, sehingga diperlukan belajar bahaa Inggris sedari awal, keinginan yang kuat dan juga pantang menyerah,” tuturnya.


Ali Ma’ruf, S.TP., M.Eng juga menambahkan terdapat beberapa persyaratan yang harus disiapkan selain belajar bahasa, “persyaratan selain belajar bahsa yaitu motivation letter dan curriculum vitae. Untuk itu mahasiswa yang ingin melanjutkan study bisa aktif di organisasi ataupun mengikuti semianr-seminar untuk menambah isi curriculum vitae,” pungkasnya.


Menurut Husna Pausia selaku ketua pelaksana menyampaikan bahwa kegiatan ini memberikan kesan menarik dan luar biasa. “kegiatan ini sangat menarik, serta memberikan motivasi dan semangat bagi mahasiswa agar lebih semangat dalam belajar untuk melanjutkan study dengan mendaptkan beasiswa.


Acara diakhiri pukul 11.25 WIB, dengan sesi foto bersama melalui platform google meet bersama seluruh peserta sharing sesion.