P3MK UMBY Gelar Webinar “Strategi Joint Research dan Pendanaan Luar Negeri”

Pusat Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama (P3MK), Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menyelenggarakan Webinar Series #2 dengan tema “Strategi Joint Research dan Pendanaan Luar Negeri”. Acara ini diselenggarakan dan dilaksanakan secara online melalui zoom pukul 09.00 – 12.00 WIB. Kamis, (03/09/2020)


Acara ini khusus untuk Dosen Internal UMBY dan diikuti oleh 100 orang yaitu Rektor Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Dr. Alimatus Sahrah, M.Si., MM, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya, Dekan Fakultas Agroindustri, Dekan Fakultas Ekonomi, Dekan Fakultas Psikologi, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia, Dekan Fakultas Teknologi Informasi, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Wakil Dekan, dan Dosen-dosen di lingkungan UMBY.


Acara ini dimoderatori oleh Domnina Rani P. Rengganis, S.Psi., M.Si., CPHR selaku Dosen Psikologi UMBY. Dengan menghadirkan pembicara Dr. Ir. Sc. Agr. Didik Sulistyanto dari Universitas Jember dan selaku Rektor Universitas Budi Luhur Jakarta periode 2017 – 2020.


Acara ini dibuka oleh Rektor Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Dr. Alimatus Sahrah, M.Si., MM dalam sambutannya menuturkan bahwa dengan adanya webinar ini sangat bermanfaat untuk menambah informasi, dan semoga kedepannya dosen-dosen dapat mengikuti Join research dengan luar negeri.


Dr. Ir. Sc. Agr. Didik Sulistyanto menjelaskan tentang Trik dan Strategi Penulisan Proposal Riset Dana Luar Negeri.Beliau menuturkan bahwa dalam penulisan proposal, dosen perlu memperhatikan teknis penting penulisan. Kemudian Dosen-dosenUMBY dapat mengikuti Joint Research luar negeri yaitu, Penelitian dan kerjasama jepang, Toray (Sciene and technology research grant), Sumitomo Foundation (Sosial dan Humaniora), Penelitian dan kerjasama Perancis, Jerman – DFG (Deutsche Forschung Gesselschaft ), Uni Eropa (Erasmus+), dan lain sebagainya.


“Jenis jenis riset dan kerjasma sumberdana Jerman terdapat 4 yang bisa diikuti yaitu Max Planck Society, Leibniz Association, Helmhotz Association, Fraunhofer-Gesellschaft. Untuk kegiatan spesisfik target, partner bisa dari asia misal Malaysia, Thailand, dan mencari Negara eropa yang dicari teknologinya,” tutur Dr. Ir. Sc. Agr. Didik Sulistyanto


Awan Santosa, M.Sc selaku Pusat Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama (P3MK) UMBY, Ada 2 grand strategi untuk tahun depan yang pertama strategi meningkatkan daya saing dengan cara memperbaiki kualitas proposal dan juga kualitas kolaborasi. Yang kedua yaitu meningkatkan daya kerjasama. Regulasi kita adalah membuat skeme-skeme pendanaan riset yang sesuai dengan tujuan meningkatan daya saing dan kerjasama.


 “untuk memenuhi target APT, maka 10% riset harus join research, maka regulasinya adalah sekurang-kurangnya 1 program studi 1 join research Lalu supaya simple juga 1 Program Studi, 1 community services juga. Walaupun targetan APT 1 universitas hanya cukup 9 judul pertahun untuk join community servicessnya. Tapi ini antisipasi untuk kita nggak hanya mengejar peringkat perguruan tinggi, tetapi juga peringkat akreditasi prodi. Harapannya adalah setiap prodi 10% Join Research dan 5% join community services, tergantung jumlah dosennya,” Tutur Awan Santosa.


Daniel Ari Widhiatama, S.Pd., M.Hum selaku Kabag. Kerjasama Luar Negeri UMBY, menambahkan bahwa webinar ini memfokuskan pada join research dan untuk pendanaan luar negeri. Dengan adanya Webinar ini maka semakin menyadarkan dan memberikan kita where to go nya.


“Tips dan strategi yang disampaikan oleh Dr. Ir. Sc. Agr. Didik Sulistyanto sangat jelas meliputi step-step bahkan link juga sudah dishare, tinggal kita sebagai bagian dari p3mk mengikuti renstra dan juga plan yang sudah kita siapkan,” tutur Daniel