Tuai Hasil Maksimal, Teknologi Hasil Pertanian UMBY Raih Akreditasi A

Program Studi (Prodi) Teknologi Hasil Pertanian (THP) Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) berhasil mendapatkan predikat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Diraihnya akreditasi A tersebut berdasarkan keputusan BAN-PT No. 0564/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2020 yang dikeluarkan pada 1 September 2020.


Proses akreditasi ini diperoleh melalui proses asesmen lapangan secara daring yang dilaksanakan pada 24 dan 25 Agustus 2020 lalu dengan menggunakan  7 standar penilaian.


Ketua program studi THP, Prof Dr. Ir.  Dwiyati Pujimulyani, M.P.  mengatakan diraihnya peringkat akreditasi A BAN-PT tersebut merupakan buah kerja keras dari civitas akademika yang ada di lingkungan Universitas dan Fakultas Agroindustri UMBY khususnya prodi THP. Mulai dari dosen, ,tenaga kependidikan, mahasiswa hingga alumni dan juga pengguna alumni.


 “Alhamdulillah, kami berhasil memperoleh akreditasi yang menggembirakan” ujarnya saat dibincangi wartawan di ruang kerjanya, Selasa (1/9).


Prof Dwiyati yang juga sering dipanggil “Prof kunir putih” ini mengatakan ada 7 standar aspek penilaian yang menjadi dasar pemberian akreditasi. Diantaranya, visi dan misi serta sasaran yang akan dicapai Prodi. Lalu, tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu. Kemudian, mahasiswa dan lulusan. Kualitas SDM yang bekerja di Prodi. Kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik. Juga pembiayaan sarana dan prasarana serta sistem informasi.


“Tidak ketinggalan berbagai penelitian, program pengabdian masyarakat dan kerjasama dengan institusi dalam negeri maupun luar negeri ,” katanya.


Dekan fakultas Agroindustri, Dr Agus Slamet, M.P. yang juga dosen prodi THP menambahkan bahwa raihan  akreditasi A tersebut merupakan yang kedua sejak  universitas ini didirikan.


“Kalau sebelumnya akreditasinya B. Kemudian, kita terus melakukan pembenahan di setiap tahunnya. Mulai dari ketersediaan dan spesifikasi tenaga pengajar yang terus meningkat kualitasnya, hingga saat ini dari prodi ini ada 2 professor, 5 doktor dan lainnya sedang menyelesaikan S3 nya, juga kelengkapan laboratorium dan sarana prasarana pendukung lainnya,” terangnya.


Agus Slamet berharap diraihnya akreditasi A tersebut dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi pendidikan.


 “Ini juga jadikan  kami untuk terus menelurkan lulusan yang berkualitas serta penelitian dan pengabdian yang bermanfaat bagi masyarakat selaras dengan visi UMBY yang menjadikan universitas yang Unggul Mutu dan Bermanfaat,” pungkas Agus.