KKN UMBY Berikan Edukasi melalui Siaran Radio di Pasar Beringharjo


Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Kelompok 120, melakukan program kegiatan berupa siaran radio. Siaran ini berlangsung dari Radio Suara Pasar Beringharjo (Radio Super) yang dilaksanakan pada hari Sabtu (01/08/2020) pukul 09.00. Siaran ini di dengarkan oleh pedagang dan pembeli di Pasar Beringharjo melalui pengeras suara yang ada pada setiap titik pasar. Kegiatan Siaran Radio ini mengusung tema “strategi copping di masa pandemic” dengan menghadirkan narasumber Ibu Ardi Primasari M.Psi., psikolog yang juga merupakan dosen Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) sekaligus Owner dari Prima consultan.



Sebfiliani, ketua  kelompok KKN 120, berharap bahwa dengan adanya siaran edukasi ini mampu mengurangi dampak negatif pada para pedagang pasar akibat adanya perubahan emosi pada masa pandemic virus covid-19 yang semakin merebak di sebagian besar negara di dunia termasuk Indonesia. “Tidak hanya menyebabkan gejala dan penyakit fisik semata namun juga memberikan dampak psikologis bagi penderitanya dan dari berbagai kalangan seperti para pelaku usaha (pedagang),” ungkapnya.



Sementara itu  Ardi Primasari M.Psi., psikolog  dalam materi mengingatkan dampak psikologis yang dapat dirasakan seperti, perasaan tertekan, stres, cemas saat didiagnosis positif Covid-19. “Penderita bisa merasa cemas atau khawatir secara berlebihan ketika privasinya atau identitasnya bocor kepada publik sehingga berdampak dikucilkan oleh lingkungan sekitarnya. Pemberitaan yang simpang siur atau kurang tepat dapat memicu stres pada masyarakat yang mempengaruhi hormon stres sehingga menyebabkan sistem imun yang menurun dan rentan tertular Covid-19. Untuk mengatasinya perlu menggunakan strategi coping,” tuturnya.



Ardi Primasari M.Psi., psikolog  menambakan bahwa “Strategi coping merupakan suatu cara atau metode yang dilakukan tiap individu untuk mengatasi dan mengendalikan situasi atau masalah yang dialami dan dipandang sebagai hambatan, tantangan yang bersifat menyakitkan, serta ancaman yang bersifat merugikan” tutur Ardi Primasari


Salah satu pedagang pasar Beringharjo menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan siaran radio dengan tema strategi copping di masa pandemic, maka pedagang mendapat ilmu yang bermanfaat.


“Memang saat pendemi pendapatan jadi menurun, ekonomi keluarga juga jadi bermasalah, pasar sepi mana kadang anak minta jajan, saya pas lagi gak pegang uang lalu anak saya marahi. Sebenarnya ya kasian sama anak tapi ya gimana ya, saya juga jadi uring-uringan. Tapi setelah dengar radio ya saya sadar memang mungkin karena saya terlalu stress kemarin dan saya coba cari kesibukan biar tidak terlalu kepikiran, untung-untung bisa malah nambah pemasukan,” tutur Mujiyati.


Dengan adanya siaran radio tentang  materi strategi coping ini dapat mengalihkan dampak negatif yang dialami oleh pedagang pasar sehingga dapat menjadikan suatu hal baru yang dapat memiliki nilai manfaat baik pada pribadi dan masyarakat sekitar.