KKN Tematik UMBY Edukasi Giat Pasar Online di Tengah Pandemi

Kesulitan para pedagang pasar tradisional di tengah pandemi dalam mendapatkan konsumen untuk memenuhi kebutuhan ekonomi cukup memprihatinkan. Terlihat dari menurunnya pengunjung di pasar tradisional Pasar Beringharjo, para pedagang pun mengeluhkan pendapatanya yang juga mulai menurun akibat dari PSBB di masa pandemi. Selain itu, mereka juga khawatir akan dampak buruk yang akan sangat rasakaan dari pergeseran ekonomi terhadap pasar tradisonal. Hal ini membuat perlunya para pedagang mengubah strategi pemasaran agar dapat menarik konsumen lebih luas dan banyak.


Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Kelompok 121 membuat program edukasi mengenai menu marketplace yang tersedia di facebook pada beberapa pedagang paguyuban Ayem Tentrem pasar tradisional Beringharjo. Minggu (02/08/202).


Sebelumnya mereka telah menjalankan pasar online, namun masih banyak kendala yang dirasakan dalam mengelola pasar online tersebut seperti konsumen yang membeli masih sedikit dan belum begitu menggencarkan promosi untuk mnari konsumen lebih banyak dan lebih luas. Dengan menggunakan marketplace ini,  tujuannya yaitu supaya para pedagang mampu menglola toko secara mandiri dan mampu menarik konsumen sehingga hasil penjualannya bisa lebih meningkat.