FKIP UMBY adakan Webinar untuk menginspirasi Pembelajaran Daring

Di masa pandemi ini, banyak sekali kegiatan yang terhambat atau terkena dampak dari wabah Covid-19. Salah satunya adalah proses pembelajaran. Untuk itu, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan webinar yang bertajuk Facilitating Remote Teaching Using Universal Design For Learning (UDL). Narasumber yang dihadirkan, Ibu Sisilia Novena Kusumaningsih B.Ed. dari University of Montana membagikan pengalamannya dalam mengimplemetasikan penggunaan UDL untuk memfasilitasi mahasiswa dalam belajar, khususnya di masa pandemi di University of Montana.


Apa itu UDL? Universal Design for Learning (UDL) adalah pendekatan pengajaran yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan setiap siswa di kelas. Sebagai salah satu pendekatan yang dapat mengakomodasi perbedaan individu, Best practice tentang penggunaan UDL di Universitas Montana dijabarkan dengan rinci mulai dari permasalahan-permasalahan yang dihadapi sampai dengan alternatif-alternatif solusi yang dapat para pendidik lakukan.


Kenapa harus menggunakan UDL? Ibu Sisilia Novena Kusumaningsih B.Ed  yang juga sampai sekarang masih aktif dalam mengajar Bahasa Indonesia untuk US Special Forces Group 1 mengungkapkan UDL yang sudah diimplemetasikan ini  menyediakan cara-cara yang fleksibel dalam belajar  juga memungkinkan guru secara terstruktur mengembangkan instruksi untuk memenuhi beragam kebutuhan semua peserta didiknya. UDL yang pertamakali diinisiasi oleh Ronald Mace ini dapat mendongkrak  prestasi tinggi untuk peserta didik, termasuk kepada siswa yang berkebutuhan khusus, berbeda latar belakang sosial ekonomi, dan variasi karakter peserta didik lainnya.


Ada 3 prinsip dari UDL yang yang sangat membuatnya unik yaitu The Why of Learning, The What of Learning, dan The How of Learningdenganmaksud dan tujuannya masing-masing yang dapat diturunkan dalam banyak kegiatan pembelajaran. Dalam pengimplementasiannya, UDL berupaya untuk memudahkan siswa serta guru atau dosen dalam proses pembelajaran sehingga tenaga pendidik dan peserta didik dapat menemukan cara pembelajaran yang efektif, fleksibel dan bervariasi demi lancarnya proses belajar mengajar.


Dekan Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMBY, Nuryadi S.Pd., Si., M.Pd yang juga membuka acara webinar ini mengungkapkan bahwa “merujuk pada wacana pembelajaran jarak jauh yang akan dipatenkan oleh Mendikbud sebagai salah satu model pembelajaran, terlebih dahulu harus memahami gaya belajar siswa, salah satu pendekatan yang dapat digunakan yaitu pendekatan UDL (Universal Design for Learning) dimana pendekatan ini mengakomodasi pendekatan individu,” tutur Nuryadi.


 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMBY telah menetapkan posisinya bersama dengan institusi pendidikan yang lain untuk selalu mengembangkan dan terbuka terhadap inovasi dan teknologi pembelajaran.  Selain itu, salah satu peserta yang sekaligus seorang dosen dari STIKes Yarsi, Sumatera Barat, Deni Abdillah M, M.Pd mengungkapkan “Topik Webinar sangat menarikdan unik, menambah insight kita terhadap bagaimana meningkatkan kualitas dan efektivitas pengajaran daring, keseluruhan webinar berjalan baik, next time bisa ditambahkan quiz atau doorprize,” ungkap Deni


 Webinar yang diikuti lebih dari 200 peserta ini mendapat apresiasi yang luar biasa dan sangat dinantikan kelanjutan dengan topik-topik menarik yang membantu para pendidik mempersiapkan new normal di pembelajaran sekolah atau universitas.