Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar, Prodi BK UMBY adakan Lokakarya Peninjauan Kurikulum

Peninjauan kurikulum Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), merupakan kegiatan strategis dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan program studi Bimbingan dan Konseling UMBY. Secara umum, kurikulum merupakan gambaran gagasan pendidikan yang diekspresikan dalam praktik. Kurikulum didefinisikan sebagai seluruh program pembelajaran yang terencana dalam institusi pendidikan.


Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Mercu Buana Yogyakarta mengadakan Lokakarya Peninjauan Kurikulum, Rabu (01/07/2020). Lokakarya tersebut menghadirkan  2 narasumber, narasumber yang pertama yaitu Dr. Suwarjo, M.Si selaku ahli sekaligus Pengurus Besar dari organisasi profesi Bimbingan dan Konseling Indonesia. Narasumber yang kedua adalah Drs. Warjiyanto Panca Wasana, M.Hum, sebagai pengguna lulusan/stakeholder sekaligus koordinator pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman.


Pengembangan kurikulum pendidikan di Indonesia mengharuskan secara berkala untuk dilakukan telaah ulang kurikulum. Salah satu manfaat peninjauan kurikulum tersebut adalah selalu mengikuti perkembangan pengetahuan dan trend kebutuhan yang sedang berkembang, dalam hal ini adalah untuk menyongsong kampus merdeka belajar. Seperti yang diungkapkan narasumber, Dr. Suwarjo, M.Si, “Kampus merdeka memberikan alternatif kebebasan mahasiswa untuk menjadi apa yang dia inginkan”.


Acara ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Nuryadi, S.Pd.Si., M.Pd, tim kurikulum universitas, seluruh dosen BK UMBY, serta mahasiswa BK. Lokakarya peninjauan kurikulum program studi bimbingan dan konseling UMBY perlu dilakukan dalam rangka untuk menyesuaikan kebutuhan peserta didik yang berfokus pada capaian pembelajaran, kompetensi lulusan, perbaikan strategi dan metode pembelajaran, serta bagaimana proses penilaian dan evaluasi pembelajaran dilakukan.


Kaprodi BK UMBY, Luky Kurniawan, S.Pd., M.Pd mengungkapkan bahwa kegiatan lokakarya peninjauan dan pengembangan kurikulum ini diharapkan dapat meningkatkan mutu dan kualitas prodi BK serta menyempurakan kurikulum yang sebelumnya dengan  tetap mengikuti perkembangan zaman. Seperti yang diungkap oleh narasumber Bapak Panca Wasana, M.Hum “Bagaimana mengajak mahasiswa untuk beradaptasi dengan perkembangan dunia yang semakin dinamis”.