PBI UMBY Sharing Session

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa Inggris yang biasa disebut ESA pada hari Rabu tanggal 1 Juni 2020 mengadakan acara ALUMNI TALK dengan mengangkat tema "Digging up the Potential Career with Our English" melalu aplikasi Zoom Meeting. Alumni Talk menghadirkan narasumber Junita Pandiangan, S.Pd. yang merupakan Alumni PBI Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang saat ini berprofesi sebagai Language Coaching (Indonesian-English) dan Manager of Villa Rental Business.


Alumni Talk ini diikuti oleh peserta umum baik dari mahasiswa maupun siswa SMA yang dimulai pada pukul 09:00 WIB hingga pukul 11:00 WIB dengan dipandu oleh moderator Noviana Rustianingsih yang merupakan mahasiswa PBI.


Kegiatan ini diadakan untuk memberikan kesempatan kepada peserta untuk dapat mempraktikkan kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris dengan narasumber yang telah dihadirkan. Selain itu, acara ini juga memperkenalkan kepada peserta tentang potensi yang dapat digali melalui pengembangan skill berbahasa Inggris. Di dalam Alumni Talk ini, tanya-jawab dilakukan secara santai sehingga tercipta suasana yang akrab antara narasumber dengan peserta.


Melalui penuturan narasumber, yang saat ini berada di Kuala Lumpur, Malaysia, peserta diajak untuk menggali potensi dalam diri dan diselingi motivasi yang membangkitkan semangat untuk terus mengasah kemampuan berbahasa Inggris. Adapun tips-tips yang menarik tentang bagaimana peserta dapat melatih diri sendiri agar dapat berbahasa Inggris dengan fasih.


Yang tak kalah menarik, dari sesi tanya jawab ini peserta juga mendapatkan penuturan pengalaman dari narasumber seputar Language Coaching beserta seluk beluk profesi tersebut beserta keuntungan yang didapatkan melalui profesi tersebut, seperti dapat pergi travelling ke mancanegara dan kesempatan bekerja sama dengan orang yang berasal dari mancanegara.


Peran motivasi terhadap mahasiswa PBI maupun peserta sangat penting terutama dalam kondisi pandemik COVID-19. Dengan motivasi yang baik, diharapkan para peserta dapat meningkatkan kemampuan dalam menggali potensi dalam diri mereka untuk selalu mengembangkan diri melalui kegiatan yang positif sesuai minat peserta.


Dalam acara ini, peserta juga mendapatkan tips dan trik dalam management waktu agar kewajiban terutama menyelesaikan studi dapat terselesaikan dengan baik. Hal yang tak kalah penting adalah berani bermimpi untuk mempunyai tujuan masa depan yang dapat memberikan semangat dalam menjalani tugas- tugas pada saat ini.


 Di akhir acara ini, diadakan sesi foto bersama dengan seluruh peserta yang mengikuti acara ini. Dengan adanya acara Alumni Talk kita dapat menyimpulkan bahwa, lulusan Pendidikan Bahasa Inggris tidak hanya bisa menjadi guru jika lulus nanti tetapi