Peran Statistika dalam Pemodelan di Masa Pandemi

Dengan terus merebahnya penyebaran virus corona di dunia, khususnya di Indonesia tak elak turut melemahkan sektor-sektor strategis. Salah satu sektor yang  terimbas COVID-19 ini adalah sektor pendidikan. Dengan merebahnya virus ini banyak pusat-pusat pendidikan yang mau tidak mau harus tutup. Pembelajaran langsung yang seyogyanya menjadi metode yang efektif dijalankan menjadi terhalang. Kebijakan demi kebijakan digulirkan demi tetap menjaga keselamatan jiwa generasi bangsa. Namun demiakian, diam bukan berarti berlian. Pendidikan harus terus berjalan, walau batas-batas penghalang menjadi rintang, pembelajaran harus terus dilakukan, karena dengan keilmuan sendi-sendi kehidupan akan bisa dijalankan.


Demikian sekilas apa yang dituturkan Arie Purwanto, S.Pd., M.Sc. selaku narasumber dalam wawancara seusai workshop yang menganggakat tema Analisis Regresi dan Korelasi. Workshop Online yang dihadiri oleh lebih 100 peserta yang terdiri baik dari dosen dan mahasiswa dari seluruh penjuru Indonesia. Rabu (24/06/2020)


Workshop online ini bertujuan untuk sharing keilmuan dimasa pandemi COVID-19. Lebih khusus workshop diharapkan dapat membuka wawasan para peserta dalam pemodelan statistik.


“Belajar pemodelan statistik tidak mungkin hanya dilakukan dalam beberapa jam saja. Untuk itu, kiranya perlu dibuka forum diskusi online terkait masalah-masalah statistika khususnya dalam analisis regresi dan korelasi,” Tutur Arie Purwanto.


Hal ini disambut positif oleh Ibu Melania Eva Wulanningtyas, S.Pd., M.Pd. selaku Ketua Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY). Menurut beliau, Program Studi Pendidikan Matematika siap berkontribusi untuk memfasilitasi forum diskusi dan konsultasi statistik online baik untuk membantu dan sharing pengalaman dalam bidang analisis statistika.


“Kita bisa buat semua gratis, nanti akan kita fasilitasi ruangnya” ungkap Miss Eva begitu biasa keakraban para mahasiswa menyapa dosen muda ini. Beliau juga turut menyampaikan bahwa akan dilakukan event-event lanjutan guna sharing keilmuan dalam bentuk seminar ataupun workshop lanjutan sebagai kontribusi Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) selama masa pandemi.