Pentingnya Customer Relationship Management in e-Business Prespective Menuju New normal

Prodi Sistem Informasi (SI), Fakultas Teknologi Informasi (TI), Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan Kelas Refresment ”Menuju New Normal”.  Dalam penerapan new normal ini, masyarakat semakin beralih ke internet untuk membeli barang dan jasa. Inilah sebebnya banyak UKM mulai berjualan online. Platform e-commerce dapat menjadi salah satu solusi untuk mempermudah masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari, dengan tetap meminimalisir kegiatan di luar rumah.


Putri Taqwa Prasetyaningrum, S.T.,M.T. dosen sistem informasi UMBY,  mengatakan adanya perubahan perilaku belanja online konsumen  yang lebih nyaman dan diprediksi akan bertahan lama meskipun pandemi corona usai. ”Selain itu, pertumbuhan bisnis otomatis akan berdampak positif terhadap bisnis layanan,” Tutur Putri Taqwa


Pentingnya customer relationship management dalam E-Business adalah mengetahui sebanyak mungkin tentang bagaimana kebutuhan dan perilaku konsumen, selanjutnya memberikan suatu pelayanan yang optimal dan mempertahankan hubungan hubungan yang sudah ada antara perusahaan dengan konsumen. Seiring dengan perkembangan teknologi IT, Sofware as a service (SaaS) yang berbasis cloud menjadi kemajuan dan kebutuhan yang diperlukan oleh kalangan pebisnis.


Dekan Fakultas Teknologi Informasi (TI), saat diwawancarai media di kampus 2 UMBY, Anief Fauzan Rozi, S.Kom., M.Eng, menyampaikan bahwa manfaat penggunaan CRM berbasis web–site adalah untuk membantu perusahaan dalam menyebarkan informasi serta melakukan interaksi dengan pelanggan dari berbagai tempat. “Dengan e–CRM perusahaan dapat melakukan proses pembangunan dan memelihara hubungan dengan konsumen melalui aktivitas online,” tutur Anief.