Webinar BEM FE UMBY, Tetap Berpenghasilan ditengah Pandemi

Sabtu (20/6), dalam  rangka meningkatkan produktivitas generasi muda di masa pandemi Covid-19 yang tengah melanda negeri ini, Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Mercu Buana Yogyakata (UMBY) melaksanakan Seminar Nasional secara online dengan tema “ Tetap Berpenghasilan di Tengah Pandemi”.


 


Dengan dilatar belakangi oleh keadaan ekonomi masyarakat yang kian memburuk dan perekonomian Negara yang diambang krisis, seminar nasional ini dilaksanakan dengan beberapa tujuan, yakni membangkitkan semangat berwirausaha di tengah pandemi; mendorong generasi muda khususnya mahasiswa untuk lebih inovatif dalam membagun usaha yang menghasilkan; membangun masyarakat yang mandiri dengan tetap memiliki penghasilan ditengah pandemi; dan memberikan solusi bagi masyarakat selama “dirumah saja” agar tetap menjadi manusia yang produktif, serta diharapkan mampu menjawab permasalahan ekonomi masyarakat saat ini.


 


Seminar nasional online ini diselenggarakan secara live di you tube channel dari Badana Eksekutif Mahasiswa (BEM) FE UMBY menghadirkan 3 wirausaha sukses yaitu Andi Rahadian,S.E. owner pisang haniki,   Monika Anggraeni, owner crown handcraft yang juga  sebagai di UMBY,  dan Wasvita Sari, S.Kom.I, yang merupakan salah satu founder dari crown handcraft. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini diikuti oleh 338 peserta yang didominasi oleh mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia


Untuk menarik peserta, panitia  penyelenggara memberikan doorprize sebagai bentuk apresiasi kepada 2 orang dengan pertanyaan terbaik, apresiasi itu diberikan kepada Sherin Jelina Sihaloho, yang bertanya mengenai


Monika Anggraeni, owner crown handcraft dalam pemaparannya menyatakan trend dan minat masyarakat pasti akan terus menerus berubah mengikuti perkembangan zaman, maka kuncinya adalah kita harus bisa menyesuaikan, menerapkan strategi marketing yang tepat, sebisa mungkin membujuk dan menarik minat konsumen.


Sementara itu owner pisang haniki, Andi Rahadian,S.E. menekankan pentingnya berinovasi agar bisa memenuhi keinginan konsumen.  “Untuk bisnis makanan sendiri, kita harus bisa membuat suatu produk (makanan) yang memiliki rasa harus ngangenin, bikin nagih, dan membuat orang pengin lagi dan lagi, ngga sekali makan terus udah” jelas Andi.


Wasvita Sari, S.Kom.I sebagai narasumber ketiga juga menekankan pentingnya inovasi untuk mampu bersaing dipasaran.   “Sebisa mungkin seorang pengusaha harus terus berinovasi, menciptakan sesuatu yang baru agar produknya tidak terlihat monoton dan mampu bersaing dipasaran” tutur Wasyita Sari.


Acara ini di tutup dengan pemberian plakat, sertifikat dan cendera mata oleh Nixon Redalis Manafe, selaku Gunernur BEM FE UMBY dan Yenny Zannuba Arifah selaku Koordinator lapangan kepada narasumber sebagai bentuk apresiasi yang telah berkenan untuk berbagi ilmu dan pengalamannya.


Suksesnya kegiatan ini dan berbagai respon posistif yang diberikan, menjadi bukti bahwa, kegiatan seminar online nyatanya menjadi sesuatu yang cukup diminati khususnya oleh kaum milenial dan keadaan tidak membatasi generasi muda untuk terus belajar dan berkarya.