Fikomm Berbagi Ilmu, Cara Berbagi Akademisi di Masa Pandemi

Yogya – Pandemi Covid-19 yang melanda banyak negara di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia, memunculkan gerakan solidaritas lapisan masyarakat untuk saling berbagi. Salah satunya dilakukan oleh para akademisi dan dosen dari Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia Universitas Mercu Buana Yogyakarta (FIKOMM UMBY) melalui kegiatan Fikomm Berbagi Ilmu.


Dekan Fikomm UMBY, Didik Haryadi Santoso, M.A menuturkan, kegiatan Fikomm Berbagi Ilmu merupakan bentuk tanggung jawab sosial para akademisi untuk dapat membagikan hal bermanfaat kepada masyarakat berupa sharing ilmu pengetahuan. Target kegiatan ini adalah mahasiswa maupun masyarakat umum.


"Lewat kegiatan ini, siapapun dapat saling bertukar ilmu pengetahuan tanpa batas ruang dan waktu karena dilakukan secara online. Tema yang diangkat adalah berbagai kajian bidang komunikasi yang dikaitkan dengan pandemi Covid-19," tuturnya.


Menurut Didik, di masa wabah seperti yang terjadi saat ini, membuka peluang besar bagi siapapun untuk berbagi. Bentuk solidaritas tersebut tidak hanya berkisar pada bantuan finansial namun juga sumbangsih bidang keilmuan.


"Sebagai akademisi, sudah saatnya turut serta mengimplementasikan ilmunya agar dapat diserap langsung oleh masyarakat. Jadi tidak hanya eksklusif dirasakan oleh civitas kampus saja tetapi juga masyarakat luas," ungkapnya.


Kegiatan FIKOMM Berbagi Ilmu menghadirkan sembilan seri tatap muka online via zoom dengan berbagai tema menarik seputar komunikasi dan pandemi Covid-19. Seri pertama mengangkat tema Membangun Usaha Kreatif di Tengah Wabah Covid-19 dengan pemateri Arief Nuryana. M.I.Kom. Seri kedua mengangkat tema Covid-19, TIK dan Pendidikan Media Literasi bagi Pemuda oleh Didik Haryadi Santoso, M.A.


Selanjutnya di seri ketiga mengangkat tema mengenai Wabah, Demokrasi dan Batas Politik Kedaruratan oleh Dr. Tri Guntur Narwaya, M.Si. Tema keempat mengenai Etika Jurnalistik dan Peran Media Menangkal Hoax di Masa Pandemi oleh Rani Dwi Lestari, M.A. Tema kelima yakni mengenai Komunikasi Pemangku Kepentingan di Tengah Wabah Covid-19 oleh Astri Wulandari, M.A. Tema keenam adalah berkaitan dengan Komunikasi Persuasif dalam Masa Pandemi Covid 19 oleh Rosalia Prismarini, M.A.


Sementara untuk tema ketujuh yakni Covid-19 dan Cyber PR dalam Perusahaan/Instansi Pemerintah oleh Kristina Andryani, M.I.Kom. Di tema kedelapan akan diangkat persoalan mengenai Covid-19 dan Pertarungan Opini Publik oleh M. Nastain, M.I.Kom. Pada tema kesembilan ditutup dengan materi Peran Desain Komunikask Visual di Tengah Pandemi oleh Achmad Oddy Widyantoro, M.Sn.


Kaprodi Ilmu Komunikasi UMBY, Rani Dwi Lestari, M.A menambahkan, tema kegiatan FIKOMM Berbagi Ilmu tersebut merupakan representasi dari konsentrasi bidang keilmuan yang ada di FIKOMM UMBY yakni Broadcasting and Multimedia Journalism, Public Relation, Marketing Communication dan Visual Communication.


Kegiatan tersebut akan dimulai sejak 7 Juni 2020 sampai 4 Juli 2020. Selain dapat bergabung melalui aplikasi zoom, kegiatan Fikomm Berbagi Ilmu juga dapat disaksikan melalui live streaming youtube official Mercu TV Yogyakarta.


"Diharapkan program berbagi ilmu ini dapat berkelanjutan dan memberikan sumbangsih pemikiran yang membawa kemanfaatan bagi masyarakat luas dalam menghadapi masa pandemi," imbuhnya. (Aiera)