Seminar Online Pendidikan UMBY-UAA

Kegiatan pembelajaran jarak jauh sudah dilaksanakan lebih dari 3 bulan pada masa pandemi ini. Kondisi yang seperti ini membuat banyak kegiatan-kegiatan pada aktivitas normal yang tertunda. Beberapa institusi pendidikan harus memutar langkah untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran yang telah dirancangkan atau bahkan menunda kegiatan untuk sementara. Salah satu kegiatan yang dirancang ulang adalah adanya seminar pendidikan yang diselenggarakan oleh Universitas Alma Ata (UAA) dan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY).


Seminar yang sudah dirancang akhirnya dikaji ulang dan dilaksanakan secara online. Terdapat tiga pembicara dalam kegiatan ini, Dr. Sri Wulandari Danoebroto, S.Si., M.Pd dari PPPTK Matematika sebagai pembicara pertama menyampaikan tentang Etnomatematika untuk pembelajaran di sekolah. Budaya erat kaitannya dalam kehidupan sehari-hari dan pembelajaran matematika yang bermakna adalah pembelajaran matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Serupa dengan itu, Rino Richardo, S.Pd., M.Pd dari Universitas Alma Ata (UAA) menyampaikan desain pembelajaran STEM menggunakan konteks Covid-19. Kita tahu bahwa pada masa ini hampir semua aspek kehidupan terdampak oleh covid-19.  Oleh karena itu, covid-19 ini dapat dijadikan sebagai role model atau sumber inspirasi dalam melakukan kegiatan pembelajaran yang didukung dengan science, technology, engineering, dan mathematic. Media yang mendukung semua kegiatan pembelajaran tersebut adalah media berbasis daring atau internet. Oleh karena itu pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran sangat dibutuhkan pada masa seperti ini, sebut Melania Eva Wulanningtyas, S.Pd., M.Pd dosen Pendidikan Matematika Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY).


Seminar ini diikuti oleh lebih dari 150 peserta dari beberapa kampus yang ada di Yogyakarta dan luar kota. Tidak sedikit pula para pengajar sekolah menengah yang ikut serta dan berbagi pengalaman sebagai peserta dalam seminar online ini. Media yang digunakan pada seminar kali ini adalah BigLite yang dioperasikan oleh pihak Universitas Alma Ata (UAA). Peserta cukup antusias karena disamping mereka memperoleh ilmu dalam kegiatan seminar online ini, mereka juga dapat berbagi cerita dan pengalaman bekerja atau belajar dari rumah dengan peserta lain melalui fitur chat.