Dosen BK UMBY Sosialisasikan Penggunaan Pembelajaran Live Instragram Sebagai Bentuk Sosial Distance

Prodi Bimbingan dan Konseling (BK), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), berkomitmen melakukan sosialisasi dan mengedukasi khalayak umum. Salah satunya yang disosialisasikan oleh Palasara Brahmani Laras, M.Pd, selaku Dosen Bimbingan dan Konseling (BK) melalui acara kegiatan Live InstaStory Carier Talk, pukul 13:00-14:00 WIB. Kamis (2/04/20).


Palasaraya memaparkan bahwa “Masalah kesehatan mental dan karakter saat ini menjadi ranah yang akan melibatkan banyak pihak salah satunya guru BK. Apalagi sekarang dengan adanya masalah penyebaran Covid 19 ini sangat meresahkan dan membuat ketakutan serta kecemasan dan saling berburuk sangka antar masyarakat saat ini. Sehingga dapat mempengaruhi kondisi fisik dan mental masyarakat. Sehingga perlu juga memberikan semacam konseling untuk mereduksi kecemasan pada khalayak umum”, Tuturnya.


Dengan adanya himbauan (sosial distance) acara online seperti Live InstaStory di Instragram menjadi sangat efektif dalam memberikan informasi yang bermanfaat kepada khalayak umum. Dalam acara tersebut peserta sangat antusias ditunjukkan dengan beberapa pertanyaan seperti Peran BK dalam menangani Covid 19, serta pertanyaan mengenai prospek kerja jurusan Bimbingan dan Konseling.


Berbicara mengenai Bimbingan dan Konseling (BK), Profesi Guru (BK) merupakan profesi yang cukup familiar bagi seseorang yang mengenyam pendidikan formal. Tak jarang siswa-siswa mengidolakan guru (BK) di sekolah masing-masing kemudian bercita-cita ingin menjadi seorang guru BK. Prodi Bimbingan dan Konseling (BK) merupakan jalur perkuliahan yang dapat ditempuh seseorang ketika bercita-cita ingin menjadi seorang guru BK.


Disamping itu, Palasara Brahmani Laras, M.Pd memaparkan jumlah guru BK/ konselor sekolah di Indonesia pun masih minim dibanding rasio kebutuhan ideal. Bagi teman-teman yang ingin dan tertarik untuk mempelajari seluk-beluk perilaku manusia, sering menjadi tempat curhat bagi teman-teman, dan ingin tahu bagaimana cara menolong teman dengan berbekal telinga dan hati, dapat mengambil pilihan karir di jurusan Bimbingan dan Konseling (BK). Akan banyak sekali ilmu yang bisa di aplikasikan di kehidupan sehari-hari. Lulusan dari program studi ini dipersiapkan menjadi profesional dalam bidang bimbingan dan konseling pada setting pendidikan dasar, maupun menengah, serta pengembang pelatihan bidang akademik, pribadi, sosial dan karir pada setting pendidikan non-formal. Lulusan Bimbingan dan Konseling banyak yang diterima sebagai konselor di dunia pendidikan, PAUD, TK, SD, SMP, SMA, SMK dan Universitas.


Terkhusus Di jurusan (BK) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), terdapat beberapa konsentrasi yakni dibidang BK komunitas, BK keluarga, dan BK SDM. Hal ini membuat lulusan BK dari prodi (BK) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) bisa menjadi Tenaga Konselor di Pusat Rehabilitasi, Lembaga Pemasyarakatan, Perkumpulan Keluarga berencana Indonesia (PKBI), Konsultan pengembangan SDM, Badan Penasehat Pembinaan Pelestarian Perkawinan (BP4), Kementerian Agama, Konselor dan Konsultan Pendidikan di Lembaga-Lembaga Bimbingan Belajar (LBB). Lulusan dari jurusan ini juga bisa membuka praktek sendiri sebagai konseling untuk masyarakat umum setelah mengambil pendidikan profesi.