Virus Covid-19, UMBY Lakukan Kuliah Online

Dalam upaya memberikan wawasan dan materi terhadap mahasiswa dalam masa perkuliahan e-learning atau daring online, sebagai dampak penyebaran virus Covid-19, telah dilaksanakan kuliah online melalui media live Instagram sebagai pengganti kegiatan kuliah tatap muka atau workshop.


Salah satunya yaitu dilakukan oleh Nur Fachmi Setiawan, S.Psi, M.Psi dosen Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), dengan  mengambil tema “Aplikasi Ilmu Psikologi dalam Kewirausahaan”. Materi tersebut cukup menarik karena masih banyak mahasiswa yang masih mengalami kebingungan terkait rencana yang dipilih ketika lulus nanti. Materi ini juga membuka wawasan bagi mahasiswa bahwa ilmu yang selama ini dipelajari dalam perkuliahan dapat diterapkan dalam wiraswasta, misalnya di bidang psikologi, mahasiswa dapat mengembangkan materi tentang Pelatihan dan Pengembangan untuk dijadikan bidang wiraswasta misalnya membuka usaha training atau lembaga outbound.


Kuliah online melalui media Instagram bekerja sama dengan Career Center Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yang diadakan setiap hari Rabu dimulai pada tanggal 18 Maret 2020, pukul 19.30 - 20.30 WIB. Dalam proses kuliah online ini juga memungkinkan para penonton live instagram yaitu mahasiswa dan lainnya untuk melakukan tanya jawab.


Adanya kuliah online ini mendapat respon positif dari penonton. Respon positif tersebut ditunjukkan dengan adanya beberapa komentar penonton  yang memberikan apresiasi dengan mengajukan pertanyaan ataupun memberikan respon  berupa emoticon yang positif. Kemudian, salah satu penonton live instagram mengajukan pertanyaan mengenai “apa langkah-langkah yang perlu ditempuh di awal untuk menjadi wiraswasta,” pertanyaan tersebut dijawab oleh Nur Fachmi Setiawan, S.Psi, M.Psi dosen Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY).