Antisipasi Covid-19, UMBY Jalankan Kuliah E-Learning

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) membuat kebijakan berupa penerapan kuliah e-learning atau daring/online menyikapi perkembangan dan mengantisipasi meluasnya penyebaran coronavirus disease (covid) 19 di lingkungan kampus. Hal tersebut tertuang dalam surat edaran rektorat tentang antisipasi sebaran coronavirus di lingkupan sivitas kampus yang ditandatangani Rektor UMBY Dr Alimatus Sahrah MSi.


 “Menyikapi perkembangan penyebaran virus Covid-19 yang tengah terjadi, kami dari Rektorat UMBY  mengeluarkan Surat Edaran Rektorat terkait mencegah penyebaran infeksi virus Covid-19 di lingkungan UMBY, diantaranya dengan perkuliahan sistem online yang sudah disiapkan kampus,” ungkap Alimatus Sahrah sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta, SE MM, Minggu, 15 Maret 2020.


 Dijelaskan, Surat Edaran Rektorat  No. :  425/A.02/ Rek/III/2020 bertujuan mengantisipasi berbagai situasi kondisi yang mungkin terjadi.  Setelah mempertimbangkan berbagai hal dengan seksama, UMBY mengambil kebijakan. Yaitu mengingatkan dan mendorong seluruh Dosen, Mahasiswa, dan Tenaga Kependidikan untuk mempraktekkan dan membudayakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sesuai pedoman Kementerian Kesehatan.


Selain itu, perkuliahan di UMBY  secara e-learning pada 16 Maret sampai 25 April 2020 sesuai ketentuan. Untuk mata kuliah full e-learning seperti biasa sesuai SOP e-learning. Untuk mata kuliah tatap muka yang diganti dengan E-Learning diwajibkan membuat dan mengupload 3 komponen, yaitu Materi Perkuliahan, Forum diskusi, dan Tugas/kuis serta dihimbau untuk tetap memperhatikan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK).


 Untuk Praktikum, Seminar Proposal, pembimbingan dan hasil skripsi/thesis, dan pendadaran diatur oleh masing-masing Fakultas/Prodi. Kegiatan yang sifatnya mengumpulkan dan mendatangkan banyak orang, seperti Wisuda, Seminar ditunda. Semua sivitas untuk menunda atau menjadwal ulang perjalanan ke luar negeri. Kegiatan pelayanan mahasiswa tetap berjalan seperti biasa sesuai SOP yang berlaku.dengan protap pencegahan Covid 19