KKN-PPM UMBY Kembangkan Strategi Pemasaran pada Batik Jumputan Mawar Jaya dengan Digital Marketing

Minggu, 23 Februari 2020 KKN-PPM  Kelompok 4 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) telah menyelesaikan kegiatan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Dusun Blambangan Kunden, Jogotirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta. Kelompok KKN dibawah bimbingan Nugraeni, S.E, M.Sc memberikan beberapa penyuluhan khususnya kepada ibu-ibu dasawisma "Mawar Jaya" pengrajin batik jumputan. Materi penyuluhan yang diberikan diantaranya, penyuluhan marketing konvensional, penyuluhan marketing modern, serta penjelasan tentang penggunakaan sosial media.


Pemaparan materi pertama mengenai penyuluhan marketing konvensional disampaikan oleh  Tim KKN, Dian Cahyono. Dian Cahyono menyampaikan tentang kelebihan dan kekurangan dari marketing konvensional itu sendiri. Kemudian dilanjutkan oleh  Afrian Eka Pratama yang juga peserta KKN. Afrian Eka Pratama yang telah berkecimpung di dunia marketing online selama kurang lebih 8 tahun membagikan pengalamannya.


Selain itu, dalam pemaparan ini juga disampaikan cara melakukan strategi marketing moderen diantaranya, melakukan riset pasar terlebih dahulu, membangun relasi dengan banyak orang, perbanyak testimoni, membangun kepercayaan dengan pelanggan dan calon pelanggan serta fokus dan konsisten.


Diakhir penutupan kegiatan KKN-PPM, perkumpulan dasawisma "Mawar Jaya" memberikan umpan balik dan respon positif terhadap materi yang telah disampaikan dari Kelompok 4 KKN UMBY. “ Saya tertarik dengan materi yang telah disampaikan oleh teman-teman tadi, memang di paguyuban batik jumputan sendiri dalam pemasaran produknya masih menggunakan cara yang tergolong manual, kalau boleh bisa dibuatkan kelas tentang digital marketing agar ibu-ibu dari paguyuban dapat mengaplikasikannya,” harap Ibu Didit tokoh masyarakat setempat.