KKN PPM UMBY Selenggarakan Talkshow Ekonomi Kreatif Difabel

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu program perguruan tinggi yang bertujuan memberikan pengalaman nyata berinteraksi dan membantu masyarakat. Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melalui tim mahasiswa kelompok 2 KKN PPM dan Biro Layanan Psikologi UMBY bekerja sama dengan Paguyuban Difabel Pinilih Sedayu Bantul mengadakan talkshow Ekonomi Kreatif Difabel, Sabtu (24/02/20).


"Kegiatan yang dijembatani mahasiswa KKN PPM UMBY ini kami harapkan menjadi pemacu semangat rekan-rekan difabel untuk terus berkarya dalam segala keterbatasan," ujar Nanda Yunika Wulandari, M.Psi. Psikolog., selaku salah satu dosen pembimbing lapangan tim KKN PPM UMBY.  Acara yang diadakan di aula Kelurahan Argodadi, Sedayu, Bantul ini dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 11.00 WIB.


Talkshow ini diawali dengan berbagi cerita dari dosen dan perwakilan Paguyuban Difabel Pinilih, kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi. Kegiatan ini bertujuan membuka perspektif orangtua yang memiliki anak difabel agar tidak merasa malu dan dianjurkan untuk mencari, menemukan, dan mengembangkan potensi yang dimiliki anaknya supaya mandiri.


Salah seorang pembicara Angelina Dyah Arum S., M.Psi., Psikolog menyampaikan semua orang memiliki kemampuan, bakat, ketertarikan dan personalitas yang berbeda-beda, termasuk para difabel. Mereka juga  mempunyai hak dan kesempatan yang sama untuk berkembang dan sukses. Keluarga dan lingkungan dapat memberikan pengaruh penting untuk membantu seseorang mendapatkan perawatan dan layanan yang mereka butuhkan.