KKN UMBY Rangkul Pemuda Untuk Penguatan Marketing Online Trini Karya

Dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini ternyata belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh para pemuda di Dusun Trini, Sinduadi, Mlati, Sleman. Trini Karya yang merupakan kelompok usaha  yang bergerak dibidang finishing tas kertas. Berdiri sejak November 2016 silam dengan jumlah anggota 40 orang yang terdiri dari para pemuda dan ibu-ibu.


 Para Pemuda sebagai kaum melenial ternyata belum sepenuhnya dapat memanfaatkan teknologi yang ada untuk meningkatkan marketing produk Trini Karya khususnya dalam bidang promosi.


 Untuk mencapai nilai tersebut kelompok KKN UMBY yang telah diterjunkan pada 27 Januari 2020 akan mulai mengajak pemuda potensial di Dusun Trini untuk bergabung sebagai tenaga marketing. Tenaga marketing yang dimaksud disini merupakan penguatan tenaga khusus menangani promosi melalui media sosial facebook, instagram, line dan lain-lain. Yang di mulai dari pengenalan produk, kategori produk, fotografi dan editing hingga media sosial untuk berbisnis.


 Dengan adanya implementasi dari penguatan tenaga marketing ini diharapkan mampu meningkatkan sumber daya manusia khususnya Trini Karya untuk semakin berkembang dalam jangka panjang serta meningkatkan produktifitas.


 Menurut Dosen Pembimbing KKN UMBY Rina Dwiarti, S.E, MM bahwa peran pemuda dalam penguatan marketing online sangat diperlukan yang nantinya dapat membantu kelompok Trini Karya untuk mendiri dalam menyusun strategi pemasaran online.


“Segenap mahasiswa KKN UMBY terutama dari Fakultas Ekonomi diusahakan dapat memberikan motivasi dan pendekatan kepada para pemuda, sehingga akan mendorong para pemuda di Dusun Trini untuk andil mengembangkan dan semakin percaya diri untuk mandiri,” tutur  Rina pangilan akrab Rina Dwiarti.


 Hal senada juga dijelaskan oleh tim KKN UMBY 07, Ina Suciyanti menyatakan bahwa peran pemuda dalam kemajuan teknologi yang sekarang ini sangat berperan penting untuk kemajuan dan perkembangan Trini Karya sendiri  terutama di bidang promosi melalui media sosial. Arah kedepannya dengan peran pemuda menjadi bagian dari Trini Karya untuk menciptakan Trini Karya yang mandiri dan semakin maju.