UMBY Selenggarakan Workshop Pengembangan Kerjasama Internasional

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menyelenggarakan Workshop Pengembangan Kerjasama Internasional dalam rangka Dies Natalis yang ke-33. Bertempat di Ruang Seminar Rektorat, Kampus 1 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Jalan Wates Km.10 Yogyakarta, pada Rabu (12/2/2020)


Dr. Ir. Bambang Nugroho, M.P. Sebagai Direktur Pengembangan dan Kerjasama Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) sekaligus koordinator kegiatan, mengatakan bahwa tujuan diadakannya workshop ini adalah meningkatkan kemampuan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) dalam menjalin kerjasama baik dalam negeri maupun luar negeri.


“Kerjasama merupakan  suatu hal yang harus kita lakukan baik di institusi dalam negeri maupun luar negeri,” tuturnya.


Workshop di buka langsung oleh Wakil Rektor I, Dr. Ir. Bayu Kanetro, M.P.  menegaskan bahwa kerjasama sangatlah penting bagi sebuah perguruan tinggi, dan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) harus siap untuk menjalin kerjasama internasional. Acara ini menghadirkan pembicara yaitu Yordan Gunawan, S.H., MBA., M.H. dengan dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Dekan Fakultas, Direktur, Kabiro,  Kaprodi dan pejabat struktural lainnya dilingkungan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY).


“Kegiatan ini sangatlah penting, sebagai  salah satu upaya kita untuk memenuhi persyaratan-persyaratan dalam akreditasi, apalagi tuntutan akan akreditasi internasional sebuah perguruan tinggi,” pungkas Bayu panggilan Bapak Wakil Rektor I ini.


Narasumber Yordan Gunawan, S.H., MBA., M.H. menuturkan bahwa perlu adanya monitoring untuk kerjasama dalam negeri maupun luar negeri. “Dalam kerjasama dengan internasional, harus jelas attentionnya kepada siapa, sehingga ketika akreditasi nanti jelas arahnya kerjasamanya dengan fakultas apa.” jelasnya  


Sementara itu Dr. Audita Nuvriasari, SE., M.M. sebagai Direktur Direksi Pembelajaran Internasional menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk meningkatkan penataan tata kelola kelembagaan di Direktorat Kerjasama. Selain itu juga sebagai sarana untuk sharing knowledge dengan perguruan tinggi lain dalam menjalin kerja sama internasional.


 “Dengan adanya workshop ini dapat belajar dari perguruan tinggi lain yang sudah tertata kelembagaannya, mempelajari sistemnya dan dapat mengembangkan Direkorat Kerjasama agar bisa mendatangkan mahasiswa asing ke  UMBY atau student exchange dan juga mobiliti staffnya,” terang Audita.