KKN UMBY Edukasi Kesehatan Pedagang Pasar

Tingkatkan Kualitas SDM para pedagang pasar sambilegi , puluhan mahasiswa yang tergabung dalam KKN 36 Universitas Mercubuana Yogyakarta ( UMBY) menggelar pelayanan kesehatan gratis bagi para pedagang, Sabtu (8/2/2020)


Ketua kelompok 38 KKN UMBY, Eko Iza mengatakan, pedagang pasar tradisional rentan terserang penyakit sehingga perlu adanya perhatian khusus bagi para pedagang. "Kecenderungannya para pedagang ini memiliki tensi darah tinggi karena memiliki pola kerja dengan rutinitas tinggi, ironinya kesehatan ini sering dikesampingkan oleh para pedagang," kata Eko Iza disela - sela acara.


Eko Iza menjelaskan, pelayanan kesehatan ini berupa pemeriksaan gratis kepada para pedagang yang ada. "Kita berikan pelayanan kesehatan gratis berupa pemeriksaan Gula darah dan tensi darah gratis, selain itu pedagang yang memeriksakan kolesterol dan asam urat kami berikan biaya yang murah," Jelasnya.


Pelayanan kesehatan ini diakui oleh Eko Iza akan berdampak terhadap pola kesehatan para pedagang, sehingga kedepannya para pedagang akan lebih peduli lagi tentang perawatan kesehatan mereka ."Jangan sampai pada pedagang ini mengesampingkan kesehatan mereka," jelasnya.


Eko Iza menuturkan, jika ditemukan adanya indikasi penyakit, para pedagang akan diarahkan untuk memeriksakan kesehatannya lebih lanjut. “Kita juga akan memberikan hasil pelayanan kesehatan kepada mereka, agar mereka bisa menginjak lanjuti jika ditemukan adanya penyakit," tutupnya.


Sementara itu, salah seorang pedagang Naim menyambut positif kegiatan yang dilakuka oleh para mahasiswa. “Dari sini kita tahu kedepannya badan kita sehat ataupun tidak," jelasnya.


Pihaknya berharap agar kedepannya mahasiswa UMBY bisa memberikan program - program bermanfaat lainnya bagi para pedagang. “Programnya terus dilanjutkan, agar semakin membantu para pedagang dipasar Sambilegi," pungkasnya.