PBI UMBY Ajak Anak-anak Belajar Bahasa Inggris Melalui Permainan

Program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Mercu Buana Yogyakarta (PBI UMBY) menggelar kegiatan PBI SPARK 2020, Minggu (19/01/20). Berlokasi di Kampus 1 UMBY, Jalan Wates KM 10, Sedayu, Bantul, Yogyakarta kegiatan ini ditujukan untuk anak-anak usia Sekolah Dasar (SD). Acara diisi dengan bermain dan belajar bahasa Inggris bersama selama kurang lebih 7 jam dari pukul 08.00 – 15.00 WIB.


PBI Spark merupakan pengaplikasian dari mata kuliah Teaching English for Young Learners (TEYL) yang diampu oleh Valentina Dyah Arum Sari, S.Pd., M.Hum. dan Laurentia Mawar, S.Pd., M.Hum. “Dari sini, mahasiswa bisa mempraktekkan secara langsung teori-teori pengajaran bahasa Inggris untuk anak-anak. Mereka bisa mendapatkan pengalaman dan sensasi mengajar anak-anak dengan karakternya yang berbeda-beda.”, ungkap Arum, panggilan sapaan dosen PBI UMBY ini.


Peserta kegiatan ini mencapai 100 anak yang berasal dari berbagai SD di daerah Bantul, Sleman, dan sekitarnya. Jumlah ini melampaui jumlah peserta yang diprediksi panitia. Hal ini dibuktikan dari besarnya antusias guru dan para orang tua/wali murid sendiri yang memberikan dukungan penuh untuk kegiatan PBI SPARK 2020. Sambutan hangat diberikan juga oleh Kepala Sekolah salah satu PAUD yang ada di Yogyakarta yang mengajak anak-anaknya untuk turut serta dalam kegiatan ini. Bahkan salah satu orang tua dari peserta, Ibu Anisa dari SD Gunung Mulyo kelas 1 menyampaikan bahwa program PBI Spark ini bagus dan berharap tahun depan rutin diselenggarakan.   


Beberapa dosen PBI yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini seperti Daniel Ari Widhiatama, S.Pd., M.Hum, Agustinus Hary Setyawan, S.Pd., M.A., Lu’luil Maknun, S.Pd., M.Pd., Leonardus Bayu A.P., S.Pd., M.Pd., Heribertus Binawan, S.Pd., M.Pd., Lucyana Dorothya, S.Pd., M.Hum., juga Kaprodi PBI UMBY sendiri, Elysa Hartati, S.Pd., M.Pd. dengan membawa putra-putri mereka untuk menyemarakkan PBI Spark 2020. Kegiatan ini diisi dengan acara yang sangat bervariasi dan juga menyenangkan bagi anak-anak seperti menyanyi, menari, bermain, membuat sandwich, mewarnai dan juga bercerita yang disampaikan dalam bahasa Inggris. Selain itu, kegiatan juga dimeriahkan oleh mahasiswa PBI dengan drama “3 Little Pig” yang mereka bawakan dan stand Spark Corner (Art Corner dan Book Corner) yang bertujuan untuk mengenalkan literasi kepada mereka secara dini dan mengajarkan mereka untuk membuat prakarya sederhana. Sebanyak 40 mahasiswa yang mengambil mata kuliah TEYL ini secara total mengajar dan mendampingi anak-anak.


“Kegiatan PBI SPARK nantinya tidak akan berhenti di tahun ini saja namun juga akan dilanjutkan pada tahun-tahun selanjutnya mengingat antusiasme peserta dari kelas 1-6 SD yang sangat besar.”, Elysa Hartati. Pihak sekolah, orang tua, dan juga para dosen PBI mengharapkan kegiatan ini terus berlanjut karena berhasil memberikan dampak positif kepada anak-anak sekaligus meningkatkan kontribusi nyata dari perguruan tinggi kepada masyarakat seperti yang tertulis dalam tridharma perguruan tinggi.