Mahasiswa UMBY Juarai Short Movie 2019

Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) kembali meraih prestasi di tingkat nasional, kali ini diraih oleh mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Agroindustri. Tim yang dipimpin Yoland Pramuda Utama dan anggota sebannyak dua orang lainnya berhasil meraih juara 1 kompetisi short movie dalam rangkaian acara National Forestry Competition of Mulawarman yang diselenggarakan pada bulan Oktober 2019.


Gelar juara diraih setelah mengalahkan beberapa pesaing yang mengikuti ajang tersebut dari seluruh Indonesia. Video berdurasi 5 menit yang bertemakan kehidupan urban itu diakui oleh ketua tim dibuat dengan modal seadanya namun berhasil menjadi yang terbaik karena usaha yang keras dan do’a “ya awalnya hanya sekedar wacana untuk ikut lomba short movie ini, dengan modal kamera mirrorless dan beberapa teman akhirnya video berdurasi 5 menit pun jadi, setelah itu hanya do’a saja dan Alhamdulillah bisa menang” ungkap Yoland.


Dalam film pendek ini menceritakan tentang anak muda dari suatu desa yang memiliki cita-cita mulia terhadap desanya. Ketika mendapatkan kesempatan untuk menuntut ilmunya di kota karena bantuan dari kepala desa, esempatan besar itu tidak disia-siakan oleh pemuda tersebut untuk mengembangkan dirinya dan mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Dikisahkan juga bahwa pemuda tersebut yang awalnya hanya orang desa pada akhirnya mampu berkembang menjadi pemuda yang paham akan teknologi dan membagikan ilmunya kepada teman-temannya di desa. Pada akhir cerita pemuda tersebut bangga karena mampu mengembangkan desanya sesuai dengan cita-citanya.


Setelah berhasil meraih gelar juara ini diharapkan menjadi pemicu para mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta untuk mengikuti lomba tingkat nasional bahkan internasional dan keberhasilan telah dibuktikan oleh beberapa mahsiswa yang telah menjadi juara.