UKM Sekar Buana UMBY Lestarikan Budaya Tari

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menggelar lomba tari kreasi tingkat SD dan SMP/SMA sederajat se-DIY. Lomba ini diprakarsai oleh UKM Sekar Buana dengan mengusung tema ‘Generasi Muda Berkarya’, Minggu (24/11/2019). Kegiatan yang berlangsung meriah di Taman Budaya Yogyakarta (TBY) ini guna memperingati HUT UKM Sekar Buana ke-2.


Lomba tari dibuka dengan penampilan tari dan karawitan oleh UKM Sekar Buana. Antusias masyarakat sangat tinggi dibuktikan dengan membanjirnya penonton yang menyaksikan dan mendukung jagoan grup masing-masing. Perlombaan diikuti oleh 26 grup yang terdiri dari 22 grup SD dan 4 grup SMP/SMA sederajat. Juara tunggal untuk kategori SMP/SMA dimenangkan oleh grup Spegatis dari SMP 3 Jetis dengan tari Kenyo Kediri, sedangkan untuk kategori SD juara 1 diraih grup Menel Dance dengan Tari Kipas kemudian juara 2 SD Muhammadiyah 3 Wirobrajan dengan tari Nggusah Manuk dan juara 3 dari grup Kenyo Kenez yang membawakan tari Kursi.


Ketua pelaksana, Eni Kesuma Wardani berharap dengan digelarnya lomba tari ini dapat melatih jiwa kompetisi, kreativitas serta mental sebagai upaya untuk menanamkan rasa cinta terhadap budaya sejak dini khususnya pada seni tari dan karawitan. “Kami sebagai generasi muda ingin melestarikan budaya tari dan karawitan melalui lomba tari yang diikuti oleh anak-anak tingkat SD hingga SMA,” ungkap Eni Kesuma.


Direktur Kemahasiswaan dan Alumni Nur Fachmi Budi Setyawan, S.Psi., M.Psi., Psikolog menerangkan bahwa budaya merupakan identitas yang tidak boleh dilupakan. “Lomba tari ini diharapkan dapat menjadi wadah mengembangkan bakat dan kecintaan terhadap budaya khususnya tari dan karawitan serta menjadi salah satu upaya melestarikan budaya terutama budaya jawa,” ujar Fachmi.