Semarak Pameran Produk Pangan Mahasiswa Agroindustri UMBY

Fakultas Agroindustri (FAI) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY)  menerapkan Kuliah Lapang Pertanian Terpadu (KLPT) sebagai mata kuliah unggulan fakultas yang wajib diambil oleh seluruh mahasiswa dari 3 program studi yaitu Agroteknologi, Peternakan, dan Teknologi Hasil Pertanian.


Proses pembelajarannya pun banyak pada penerapan di lapangan, yaitu 30 % teori dan 70% praktikum di lapangan. Menerapkan integrated farming system dengan membudidayakan komoditas pertanian yang umur panennya pendek (sayuran) dan peternakan (budidaya ayam kampung super) yang kemudian hasilnya diolah menjadi berbagai macam produk yang  dipamerkan dalam pameran produk mahasiswa.


Untuk itulah Fakultas Agroindustri UMBY mengadakan gelaran pameran produk  mahasiswa selama lima hari, terhitung dari 25 – 29 Nopember 2019. Pameran digelar di lobi Fakultas Agroindustri kampus 1 UMBY, dengan diikuti 347 mahasiswa yang terbagi menjadi 11 kelompok dan diampu oleh 8 dosen yang berasal dari 3 program studi.


Drs. Riyanto, M.Si, koordinator dosen pembimbing kegiatan mengatakan tujuan kuliah lapang terpadu ini secara umum adalah membekali mahasiswa ilmu pertanian, peternakan dan teknologi pengolahan hasil pertanian serta pemasaran produk, supaya mahasiswa bisa  berwirausaha dan mampu menciptakan produk yang berkualitas, sehat, kaya akan nutrisi, halal dan harganya sangat terjangkau.


“Produk yang dihasilkan seperti kripik bayam, sempol ayam, puding selada, puding kangkung, es krim sawi, naget ayam, ayam goreng, martabak, steak kangkung, kaki naga, abon ayam, bakso ayam, kripik kangkung, pangsit caisim, rolade bola-bola ayam, dimsum ayam bawang daun, donat sawi, siomay kangkung dan lain-lain,” tambah Riyanto.


Koordinator panitia, Ajat Sudrajat, M.Pt menambahkan pameran produk pangan mahasiswa Agroindustri ini rutin dilaksanakan karena merupakan implementasi dari visi fakultas yaitu menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, berpengetahuan dan keterampilan tinggi, berdaya saing, memiliki jiwa wirausaha, mampu memberdayakan masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang berbasis kearifan lokal dan berkelanjutan.


Pameran produk  ini mendapat respon yang luar biasa dari civitas akademika UMBY, terbukti hampir semua produknya terjual habis dalam waktu beberapa jam saja.