Kuliah Umum Internasional Psikologi UMBY : Pengaruh Dunia Maya terhadap Perilaku Manusia

Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) kembali mengadakan kuliah umum internasional, yang dilaksanakan di Auditorium Kampus 3 Jalan Ringroud Utara, Depok Yogyakarta dengan bertajuk “Exploring Human Behavior in Virtual World”. Acara dibuka langsung oleh dekan Fakultas Psikologi, Dr. Kamsih Astuti dan turut hadir Rektor UMBY, Dr Alimatus Sahrah, M.Si, MM., beserta dosen fakultas Psikologi dan dihadiri lebih dari 100 mahasiswa pascasarjana.


Menghadirkan pembicara  Dr Fonny Dameaty Hutagalung dari University of Malaya, Malaysia dan dimoderatori oleh Reny Yuniasanti, M.Psi, Psikolog., Ka.Prodi Magister Psikologi Profesi yang saat ini juga sedang menyelesaikan studi S3 di Malaysia. Dr Fonny Dameaty Hutagalung dari University of Malaya, Malaysia, mengawali dengan paparan bahwa prosentase masyarakat Indonesia yang menggunakan internet. Selanjutnya Dr Fonny juga mengungkapkan data yang cukup mengejutkan tentang waktu yang dihabiskan oleh masyarakat Indonesia dalam menggunakan internet dibandingkan dengan negara lain khususnya negara Asia. Disamping itu juga dikemukakan terkait perilaku pencarian jenisapa saja yang dilakukan oleh pengguna internet. Hal yang cukup menggembirakan adalah salah satu perilaku searching yang dilakukan adalah terkait dengan riset. Lebih khusus lagi Dr Fonny Dameaty Hutagalung juga menyampaikan mengenai internet dan phedophilia.  


“Walaupun hal yang cukup mengkhawatirkan terkait penggunaan internet adalah munculnya kecanduan internet. Hal ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa namun juga anak-anak. Sehingga individu menjadi merasa sangat sulit hidup tanpa internet,” ungkap Dr Fonny.


Pada dasarnya internet memiliki dampak positif dan negatif. Dampak dari internet terhadap masyarakat adalah memunculkan perubahan ekonomi, sosial, dan politik. Dampak internet terhadap masyarakat adalah sebagai penghubung masyarakat dan budaya dalam komunikasi sehari-hari. Sehingga masyarakat dapat menjalin hubungan dengan menggunakan internet. Sedangkan salah satu dampak negatif dari internet adalah individu cenderung untuk lebih banyak berbicara dibandingkan dengan mendengarkan. Selain itu, individu menjadi kurang peduli dengan tetangganya. Individu menjadi lebih peduli dengan teman on-linenya. Salah satu dampak negatif dari internet adalah terkait dengan phedophilia.


Selesai kuliah internasional juga diadakan inisiasi MoU dan MoA antara Universitas Mercu Buana Yogyakarta dengan Universitas Malaya untuk kerjasama riset dan visiting lecturer.