HMPS Psikologi : Pentingnya Kesehatan Mental

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Psikologi kembali menggelar kegiatan yang tentunya masih berhubungan dengan ilmu Psikologi dan juga isu-isu yang berkaitan dengan Psikologi itu sendiri. Kegiatan dikemas dalam acara Seminar Nasional Psikologi yang bertemakan “Youth Mental Health Awareness of Depression”, di Auditorium kampus 3 UMBY, Sabtu (23/11/19). Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja yang diselenggarakan oleh Divisi Strategi Kajian dan Keilmuan HMPS Psikologi UMBY periode 2019.


Acara diikuti lebih dari 400 peserta yang berasal dari mahasiswa S1 psikologi, S2 psikologi, dan juga peserta umum yang berasal dari luar fakultas Psikologi. Praktisi di bidang Psikologi dari Universitas Gadjah Mada dan juga dari Puskesmas Melati hadir sebagai narasumber. Yakni Dr. Diana Setiyawati, M. Hsc., Psy., Direktur Centre for Public Mental Health Fakultas Psikologi UGM dan Berta Devi Aryani, M. Psi., Psikolog., psikolog Puskesmas Mlati II sekaligus founder of Adante Solution.


Dr. Diana Setiyawati membahas deskripsi secara umum mengenai kesehatan mental dan juga dinamika kesehatan mental di Indonesia. Sedangkan Berta Devi Aryani, M.Psi., mengungkapkan pentingnya kesehatan mental. Lebih lanjut, Berta menegaskan untuk mengenali konsep diri mengenai kesehatan mental dan juga memahami segala hal yang mempengaruhi gangguan mental yang terjadi di Indonesia.  


Selain seminar juga diisi dengan penampilan dari beberapa UKM di lingkungan UMBY, seperti UKM Sekar Buana yang menampilkan tarian daerah dan juga UKM Senthir yang menampilkan seni teather tema kesehatan mental.