Menuju ESA yang Unggul Melalui Mubes

English Student Association atau disingkat ESA adalah Himpunan Mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY). English Student Association (ESA) didirikan pada tanggal 8 April 2012 yang dicetus oleh ketua program studi PBI. English Student Association (ESA) bukan hanya himpunan mahasiswa PBI saja tetapi juga rumah bagi mahasiswa PBI. Untuk memajukan English Student Association (ESA) mahasiswa PBI menyelenggarakan musyawarah bersama atau disingkat Mubes yang diselenggarakan 16 November 2019 bertempat di Kampus 2 Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Kegiatan Mubes ini dihadiri oleh Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Para dosen PBI, Ketua alumni PBI, dan mahasiswa angkatan 2015-2019. Tujuan MUBES diadakan guna membahas garis besar organisasi di periode mendatang, mengevalusi kinerja perdivisi, dan memperbarui GBHO, AD, ART. Disisi lain diadakan MUBES adalah membentuk calon ketua dan wakil ketua English Student Association (ESA) periode 2020/2021.


Elysa Hartati S.Pd., M.Pd selaku Ketua Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris mengatakan bahwa sebagai mahasiswa kalian adalah agent of change yang akan merubah Indonesia menjadi lebih baik di akan datang. Sebagai mahasiswa harus memiliki 4 kompetensi yaitu Cummunication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, Creative and Innovative. Dari 4 kompetensi ini akan membantu kalian untuk membangu soft skills akademis maupun di organisasi. Saya berharap mahasiswa PBI bisa unggul di bidang apapun yang akan berguna untuk Indonesia sesuai visi dan misi Universitas Mercu Buana Yogyakarta.


Setelah sambutan dari ibu Kaprodi PBI, acara MUBES dilanjutkan dipimpin oleh ketua sidang untuk membacakan GBHK/ART/ARD English Student Association (ESA). Pembacaan GBHK/ART/ARD diperbaharui dan disetujui oleh Kaprodi PBI, Dosen PBI, dan Mahasiswa PBI. Setelah membacakan GBHK/ART/ARD dilanjutkan komisi pemilihan umum English Student Association (ESA) guna membahas calon ketua dan calon wakil ketua ESA yang akan datang. Dari beberapa seleksi yang sudah ditetapkan, KPU memiliki 4 calon ketua dan calon wakil ketua ESA yang akan memimpin ESA pada periode 2020-2021 dengan berbagai pertimbangan dan sesuai syarat yang tersedia. KPU menjelaskan bahwa masih ada beberapa seleksi lagi guna menentukan calon yang pantas dan memiliki kualitas diri untuk memimpin ESA menjadi lebih maju.